Yogyakarta – Kamis (29/8) Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY Bapak Drs. YB. Jarot Budi Harjo membuka Diklat Administrasi Perkantoran Angkatan II Tahun 2022. Pembukaan dilaksanakan di Gedung Menza Bandiklat DIY, turut hadir Bapak Faishol Muslim, SIP., M.Si selaku Plt. Sekretaris Bandiklat DIY, Ibu Budiharti, SE., M.Si selaku Kepala Bidang Penjenjangan Bandiklat DIY, dan para tamu undangan.

Diklat Administrasi Perkantoran Angkatan II Tahun 2022 ini dimulai pada tanggal 29 Agustus s.d. 5 September 2022 dengan sistem klasikal/ tatap muka dengan peserta berjumlah 30 orang yang bertugas di lingkungan Pemerintah Daerah DIY.

“Tujuan Diklat Administrasi Perkantoran Angkatan II Tahun 2022 ini untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian dan sikap PNS dalam memahami konsep dan prosedur penyelenggaraan administrasi perkantoran, serta memiliki keterampilan melaksanakan kegiatan administrasi perkantoran di lingkungan instansi pemerintah daerah” terang Ibu Lintang Ika Novida, S.Sos. selaku Kepala Bidang Teknis Fungsional dalam laporan penyelenggara.

Dalam sambutannya Bapak YB. Jarot menjelaskan diklat merupakan pengembangan kompetensi. Pengembangan kompetensi itu sendiri bermakna pengembangan pengetahuan, pengembangan keterampilan, dan pengembangan perilaku.

Secara garis besar tugas pekerjaan organisasi meliputi tugas pokok dan tugas penunjang. Tugas pokok terdiri dari tugas-tugas yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang berkaitan langsung dengan tujuan organisasi. Sedangkan, tugas penunjang itu bersifat administrative yang berkaitan dengan pengelolaan SDM, pengelolaan urusan kepegawaian, pengelolaan keuangan, pengelolaan barang, pengelolaan dokumen, dan pengelolaan-pengelolaan lainnya yang berkaitan dengan organisasi, lanjut beliau.

Dalam mengelola administrasi perkantoran membutuhkan kemampuan dan ketrampilan, baik yang bersifat hard skill maupun soft skill dari para penyelenggara administrasi perkantoran.

Sehingga, melalui diklat Administrasi Perkantoran ini diharapkan mampu memberikan tambahan atau pengembangan pengetahuan, pengembangan pemahaman serta peningkatan ketrampilan bagi pelaksana administrasi perkantoran dalam melaksanakan tugas sehingga kompetensi yang dibutuhkan semakin terpenuhi, pesan Bapak YB. Jarot mengakhiri sambutannya.

 

(nrs)