Berdasarkan Surat Sekretaris Daerah DIY Nomor 061/2554 tanggal 22 November 2023 tentang Hasil Penilaian Administrasi Kompetisi Budaya Pemerintahan Tahun 2023 telah ditetapkan 5 (lima) nominator untuk kategori Perangkat Daerah, 5 (lima) nominator kategori Unit Pelaksana Teknis Non Sekolah, dan 10 (sepuluh) nominator kategori Unit Pelaksana Teknis Sekolah.  Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY masuk dalam 5 (lima) nominator kategori Perangkat Daerah yang terdiri dari:

  1. Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY
  2. Badan Pengelola Keuangan dan Aset DIY
  3. Biro Organisasi Setda DIY
  4. Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah DIY
  5. Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY

Selanjutnya pada hari Senin tanggal 27 November 2023 telah dilaksanakan penilaian lapangan (visitasi) ke Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY oleh Tim Penilai yang dipimpin oleh Kepala Biro Organisasi Setda DIY Ibu Ana Windyawati, S.H., M.H.

Pengumuman hasil penilaian kompetisi Budaya Pemerintahan Tahun 2023 dilaksanakan bersamaan dengan acara Rapat Koordinasi Pengendalian Pembangunan TW IV 2023 Daerah Istimewa Yogyakarta yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 25 Januari 2024 di Gedung Pracimosono Kompleks Kepatihan Yogyakarta. Berdasarkan Keputusan Gubernur DIY Nomor 457/KEP/2023 tanggal 28 Desember 2023 tentang Pemenang Kompetisi Budaya Pemerintahan Tahun 2023  dengan hasil untuk kategori perangkat daerah sebagai berikut:

  1. Peringkat 1 : Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY dengan nilai 2907
  2. Peringkat 2 : Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah DIY dengan nilai 2855
  3. Peringkat 3 : Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY dengan nilai 2853
  4. Peringkat 4: Badan Pengelola Keuangan dan Aset DIY dengan nilai 2835
  5. Peringkat 5: Biro Organisasi Setda DIY dengan nilai 2825

Penghargaan berupa trofi diberikan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan diterima oleh Plt. Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY, Ibu Amin Purwani, S.H., M.Ec.Dev. Perolehan juara dalam kompetisi Budaya Pemerintahan ini untuk Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY merupakan yang pertama kali.

Dalam acara tersebut juga diumumkan untuk capaian kinerja Pengguna Anggara eselon II dan Kuasa Pengguna Anggaran Eselon III. Pengguna Anggaran dengan nilai kinerja tertinggi diraih oleh Inspektorat DIY dengan nilai 98,59 sedangkan Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY mendapatkan peringkat 2 (dua) dengan nilai 98,42. Capaian Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY ini juga merupakan capaian terbaik selama 20 tahun terakhir.

Semoga Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY ke depan dapat lebih meningkatkan kinerjanya dan mampu menciptakan inovasi-inovasi baru dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pengguna layanan Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY, sebagaimana yel yel yang selalu dikumandangkan setiap apel pagi di hari senin, “Badan Diklat DIY, Berkarya.., Bersama.., Jaya…. Eoaeo eeeoaeoo…kami karyawan Badan Diklat DIY yang selalu, siap berkarya, menjadi unggul, inovatif, terpercaya…”

 

(atk)