Yogyakarta – Dalam rangka memberikan kepuasan kepada pelanggan, maka pelayanan yang dilakukan oleh organisasi haruslah menggunakan kerangka berpikir kreatif dan inovatif sehingga produk dan pelayanan yang diberikan haruslah cepat, tepat, murah, akurat, dan bermutu.

Peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan II Tahun 2020 pada hari Selasa, 18 Februari 2020 mendengarkan ceramah yang disampaikan oleh Direktur SDM Kantor Pusat UGM, Bapak Dr. Drs. Ratminto, M.Pol. ADMIN.

Bapak Ratminto menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang menjadi penentu dalam persaingan seperti biaya, kualitas, pilihan, inovasi, dan daya saing.

Beliau mencontohkan dari segi biaya, perusahaan/organisasi yang mampu memberikan harga yang bersaing tentu menjadi daya tarik bagi konsumen. Namun konsumen juga melihat suatu produk/layanan dari segi kualitas.

Lebih dari itu, perusahaan/organisasi haruslah fleksibel untuk memberikan pilihan kepada masyarakat sehingga masyarakat/konsumen dapat memilih produk/layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Perusahaan/organisasi juga harus selalu berinovasi seiring dengan perkembangan yang ada dan bersaing dalam memajukan produk/layanannya sehingga menjadi pilihan utama.

“Organisasi yang hebat adalah organisasi yang memicu perubahan,” ucap Bapak Ratminto menambahkan. Menurut beliau, perubahan itu tidak cukup hanya dipikirkan saja, tetapi juga perlu ditindak, seperti yang dapat dilakukan oleh peserta pada Pelatihan Kepemimpinan ini dengan menyusun Proyek Perubahan.

(hdk)