Yogyakarta – Pada hari Kamis, 16 November 2023 dilaksanakan pembukaan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Angkatan X Tahun 2023 bertempat di Gedung Menza, Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tujuan Latsar CPNS, seperti yang disampaikan oleh Plt. Kepala Badan Diklat DIY yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Dasar, Manajerial, dan Sosio Kultural, Ibu Budiharti, S.E., M.Si., adalah untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi (memadukan antara jalur Pelatihan Klasikal dengan Nonklasikal serta Kompetensi Sosial Kultural dengan Kompetensi Bidang).

Latsar CPNS Angkatan X berlangsung kurang lebih selama 74 hari dimulai pada tanggal 24 Agustus s.d. 23 November dengan metode Blended Learning. Peserta Latsar CPNS Angkatan X berjumlah 45 orang yang berasal dari :

  1. Kabupaten Kulon Progo : 17 orang
  2. Kabupaten Sleman : 3 orang
  3. Kabupaten Bantul : 8 orang
  4. Kabupaten Blitar : 9 orang
  5. Kabupaten Mempawah : 2 orang
  6. Kabupaten Klaten : 2 orang
  7. Kota Magelang : 4 orang

Plt. Asisten Sekda DIY Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum, Bapak Dewo Isnu Broto Imam  Santoso, S.H., dalam sambutannya mengatakan bahwa para peserta kedepannya dituntut untuk lebih kreatif, inovatif, dan berdedikasi.

Beliau juga menambahkan agar peserta juga tidak sekedar melaksanakan tugas-tugas rutin, tidak hanya sekedar menunggu perintah dari pimpinan tetapi diharapkan juga bisa menciptakan metode kerja yang lebih efektif dan efisien sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa berjalan dengan baik.

“Untuk itu maka perlu adanya pembekalan, di diklat inilah nanti akan lebih banyak mengenal ilmu-ilmu manajemen, kepegawaian, ilmu-ilmu manajemen pemerintahan yang disampaikan oleh narasumber, untuk itu kami berharap agar bisa diperhatikan dan nantinya mempunyai visi-misi membangun instansi dimana adik-adik ditempatkan,” terang Pak Dewo.

(hdk)