Yogyakarta – Pada hari Jumat, 29 November 2019 dilaksanakan penutupan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XXIII Tahun 2019 kerjasama Pusat Latihan Pengembangan Penialaian Kompetensi Aparatur Sipil Negara Lembaga Administrasi Negara (PUSLATBANG PK ASN LAN) dengan Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogykarta.

Penutupan yang dilaksanakan di Gedung Menza, Kampus Badan Diklat DIY tersebut dihadiri oleh Sekretaris Utama LAN, Ibu Dra. Reni Suzana, MPPM., Sekretaris Daerah DIY, Drs. Kadarmanta Baskara Aji, Kepala Puslatbang PKASN LAN, Bapak Hari Nugroho, SE., MPM., Kepala Badan Diklat DIY, Bapak Dr. Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si., tamu undangan dan widyaiswara.

Seperti yang disampaikan oleh Bapak Hari Nugroho pada saat menyampaikan laporan penutupan, PKN Tingkat II diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan kompetensi kepemimpinan strategis pada Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama yang akan berperan dan melaksanakan tugas serta fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing.

Evaluasi yang telah dilakukan oleh pihak pnyelenggara, lanjutnya, dilakukan dengan menilai 4 aspek: Evaluasi Pemahaman dan Praktek Kepemimpinan Strategis, Evaluasi Visitasi Kepemimpinan Nasional, Evaluasi Proyek Perubahan, dan Evaluasi Sikap Perilaku. Berdasarkan penilaian tersebut peserta PKN Tingkat II yang berjumlah 64 dinyatakan lulus semua dengan kualifikasi:

  • Sangat Memuaskan : 4 orang
  • Memuaskan : 55 orang
  • Baik : 5 orang

Bapak Kadarmanta Baskara Aji dalam sambutannya mengucapkan ucapkan selamat kepada peserta yang telah mengikuti PKN Tingak II. Beliau mengatakan bahwa kesuksesan meraih hasil yang memuaskan itu bukanlah akhir dari sebuah prestasi, karena kesuksesan merupakan modal awal menjadi penyemangat dalam mencetak prestasi yang lebih baik lagi guna memberikan pelayanan yang tebaik kepada masyarakat.

Sementara itu dalam sambutannya Ibu Reni Suzana menyampaikan 5 prioritas kerja di pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin yakni pembanguna SDM, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi, dan transformasi ekonomi.

“Kelima prioritas yang disampaikan oleh presiden ini khususnya untuk prioritas yang pertama itu sangat kental sekali dengan kelembagaan Bapak-Ibu mengikuti PKN, SDM tidak hanya SDM umum, tetapi bagaimana kita melakukan reformasi dan peningkatan kualitas SDM di birokrasi,” terangnya.

Kompetensi yang dibangun dalam PKN Tingkat II ini, lanjut Ibu Reni Suzana, adalah kepemimpinan strategis dalam rangka menghadapi dinamika lingkungan organisasi dan mendorong perubahan organisasi yang berdampak bagi organisasi sesuai dengan tanggung jawab instansinya.

“Harapan saya, pengalaman yang diperoleh peserta dalam pembelajaran PKN Tingkat II diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan yang cukup serta kesempatan membangun jejaring (networking) dengan berbagai instansi agar dapat mereformasi strategi kebijakan di instansinya masing-masing, selain itu semoga karya yang bermanfaat yaitu policy brief dan proyek perubahan diharapkan dapat meningkatkan kinerja instansinya,” tutup Ibu Reni Suzana. (hdk)

Sepuluh peserta dengan nilai akhir tertinggi berdasarkan alfabetis (tidak menunjukkan peringkat):

  1. Anjaswari Dewi, M.M.
  2. Asep Rahmat Mulyana, MT.
  3. R. Bambang Widyatmiko, S.Si., M.T.
  4. H. Cakra Amiyana, S.T., M.A.
  5. Fathiyah Suma, M.Kes.
  6. Gendraya Rohaini, S.T., M.Si.
  7. Hery Purwanto, S.E., M.M., Ak., CA
  8. Singgih Raharjo, S.H., M.Ed.
  9. Sri Wantini, M.Pd.
  10. Srie Nurkyatsiwi, M.M.A.

Lima peserta dengan predikat kelulusan Istimewa:

  1. Srie Nurkyatsiwi, M.M.A. dari DIY dengan proyek perubahan “SIBAKUL Beringharjo : Strategi Penguatan KUKM Di Era Digital”
  2. Singgih Raharjo, S.H., M.Ed. dari dengan proyek perubahan “Jogja Cultural Experiences”
  3. Fathiyah Suma, M.Kes. dari Pemerintah Kota Ternate dengan proyek perubahan “Strategi Akselerasi Gerakan DOTI SEHAT (Dapati, Obati, Sembuh, dan Sehat)”
  4. Asep Rahmat Mulyana, MT. dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi dengan proyek perubahan “Membangun Kerjasama Strategis Pengolahan Data dan Analisis Geospasial Dalam Mendukung Tertib Pertanahan dan Penataan Ruang di Kabupaten Sukabumi”
  5. Hery Purwanto, S.E., M.M., Ak., CA ., dari Badan Pemeriksa Keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan dengan proyek perubahan “Peningkatan Manfaat LHP BPK RI Melalui Pemeriksaan Kinerja Tematik Pariwisata Pasca Bencana di Lingkup BPK Perwakilan NTB”