Yogyakarta – Kepala Bidang Teknis dan Fungsional, Ibu Lintang Ika Novida, S.Sos., membuka Diklat Administrasi Kepegawaian Tahun 2022 di Gedung Menza Badan Diklat DIY pada hari Senin, 8 Agustus 2022.

Laporan penyelenggara disampaikan oleh Kepala Sub Koordinator Pelatihan Teknis Badan Diklat DIY Ibu Sri Rahayu Azizatul Jannah, S.Pt., M.Acc. menyebutkan bahwa tujuan Diklat Administrasi Kepegawaian adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian dan sikap PNS untuk dapat melaksanakan tugas jabatan pengelola kepegawaian secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai kebutuhan instansi pada Pemerintah Daerah DIY.

Diklat Administrasi Kepegawaian berlangsung pada tanggal 8 s.d. 15 Agustus 2022 dengan sistem klasikal/ tatap muka dengan peserta berjumlah 30 orang yang bertugas di lingkungan Pemerintah Daerah DIY.

Acara dilanjutkan dengan pemasangan tanda peserta dan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Badan Diklat DIY yang disampaikan oleh Ibu Lintang Ika Novida, S.Sos. selaku Kepala Bidang Teknis Fungsional Badan Diklat DIY. Dalam sambutannya beliau menjelaskan kepegawaian merupakan fungsi penunjang urusan pemerintahan konkuren yang menjadi kewenangan daerah.

Pengelolaan kepegawaian adalah salah satu urusan penunjang dan merupakan instrumen yang melengkapi kompleksitas tugas-tugas pemerintahan dalam rangka pelayanan publik. Pengelola kepegawaian dituntut untuk memahami peraturan-peraturan atau regulasi terkait pengelolaan kepegawaian.  Di sisi lain pengelola kepegawaian juga harus melakukan proses administrasi kepegawaian dalam rangka pengumpulan data dan informasi pegawai di masing-masing unit organisasinya.

Diharapkan Diklat Administrasi Kepegawaian ini dapat memberikan pengetahuan, pemahaman serta ketrampilan bagi pengelola kepegawaian dalam melaksanakan tugas sehingga kompetensi dapat terpenuhi agar pengelolaan kepegawaian di lingkungan Pemerintah Daerah DIY semakin efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

(nrs)