Yogyakarta – Penutupan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan II Tahun 2022 dilaksanakan pada hari Jumat, 15 Juli 2022 di Gedung Menza, Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara ditutup oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Sosial, Budaya dan Kemasyarakatan, Ibu dr. Etty Kumolowati, M.Kes.

Acara diawali dengan penyampaian pesan dan kesan dari perwakilan peserta dan dilanjutkan dengan laporan penutupan oleh Kepala Badan Diklat DIY, Bapak Drs. YB. Jarot Budi Harjo.

Dalam laporannya Bapak Drs. YB. Jarot Budi Harjo menyampaikan bahwa tujuan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas adalah untuk mengembangkan kompetensi peserta dalam rangka memenuhi standar Kompetensi Manajerial Jabatan Pengawas.

Pelaksanaan PKP Angkatan II dilaksanakan selama 96 hari dimulai pada tanggal 8 Maret s.d. 15 Juli 2022 dengan metode Blended Learning dengan total peserta 40 orang :

  1. Pemda DIY : 12 orang
  2. Pemkot Yogyakarta DIY : 20 orang
  3. Pemkab Sleman DIY : 3 orang
  4. Pemkab Kulon Progo DIY: 3 orang
  5. Pemkab Kebumen Prov. Jateng : 2 orang

Evaluasi peserta pada PKP Angkatan II menyatakan 39 orang peserta LULUS dan 1 orang peserta TIDAK LULUS dengan kualifikasi : Sangat memuaskan 1 orang, Memuaskan 37 orang dan Baik 1 orang. Berikut 5 peringkat terbaik :

  1. Evi Novitasari Prasetyaningrum, S.T., dari Balai Pengawasan Dan Pengendalian Perizinan Energi Sumber Daya Mineral Wilayah Sleman, Yogyakarta Dan Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta
  2. Andreas Henry Abraham, S.E., dari Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kota Yogyakarta
  3. Bernadetta Hastiningtyas Kuncari, S.E., dari Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta
  4. Riyadi, S.H., dari Kantor Pelayanan Pajak Daerah Kabupaten Kulon Progo BPKA Daerah Istimewa Yogyakarta
  5. Nur Wulan Hidayati, S.Kom., dari Badan Penghubung Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta

Acara dilanjutkan dengan pencopotan tanda peserta dan pemberian sertifikat kepada seluruh peserta. Kemudian diakhiri dengan sambutan dari Ibu dr. Etty Kumolowati, M. Kes. sekaligus menutup Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan II.

Dalam sambutannya Ibu dr. Etty Kumolowati, M. Kes memberikan selamat untuk para peserta pelatihan. Beliau mengajak para peserta pelatihan untuk memanfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, beliau berharap para peserta pelatihan dapat menjadi para generasi pembeda; para sosok pemimpin yang lebih baik dan dapat berkembang di tengah arus perubahan sehingga dapat meningalkan warisan yang data diteruskan oleh para generasi selanjutnya.

(nrs)