Yogyakarta – Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Bidang Teknis Fungsional, Selasa(12/07/2022) melaksanakan pembukaan Diklat Pengkaderan Jabatan Administrator Tahun 2022 di Gedung Menza, Sekretaris Daerah DIY, Bapak Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji hadir untuk memberi sambutan dan membuka diklat.

Kepala Badan Diklat DIY, Bapak Drs. YB. Jarot Budi Harjo dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan diklat ini adalah untuk meningkatkan kompetensi SDM Pemerintah Daerah DIY di bidang manajemen pemerintahan sebagai calon pejabat struktural pada level administrator pada  Pemda DIY.

Sasarannya adalah ASN di lingkungan Pemda DIY yang dipersiapkan sebagai kader untuk menduduki posisi jabatan administrator. Diklat ini dilaksanakan mulai tanggal 12 Juli 2022 s.d. 2 September 2022 atau selama 37 hari kerja, 34 hari on class dan 3 hari off class.

Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model Blended Learning yang terdiri dari pembejalaran luring (14 hari) dan pembelajaran daring (20 hari) yang diikuti 30 orang PNS dari Pemda DIY.

Dalam sambutannya, Bapak Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan bahwa diklat ini merupakan proses percepatan atau akselerasi agar peserta siap menduduki jabatan administrator yang dalam prosesnya peserta akan mendapatkan pengetahuan baru, teman baru, dan wawasan baru.

Lanjutnya, hal yang penting bagi seorang pejabat administrator adalah mengetahui apa yang harus dituju dan didapat kemudian memberi pengaruh pada anak buah agar dapat bekerja lebih baik dan lebih cepat. “Kemampuan Bapak Ibu sekalian untuk merespon masalah dengan cepat itu sangat diperlukan”, tambahnya.

Bapak Kadarmanta Baskara Aji mengajak para peserta agar pada saatnya nanti menduduki jabatan administrator agar dapat bekerja dengan hati karena hati dilandasi dengan rasa, ketika bekerja dengan rasa maka akan mampu berpikir dan memutuskan sesuatu out of the box.

(hdk)