Yogyakarta – Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan III Tahun 2022 pada hari Kamis, 7 Juli 2022 secara luring di Gedung Menza Kampus Badan Diklat DIY.

Dalam kesempatannya, Kepala Badan Diklat DIY, Bapak Drs. YB. Jarot Budi Harjo menyampaikan bahwa pelaksanakan PKP Angkatan III ini  menggunakan  metode Blended Learning. Dengan Agenda Pelatihan sebagai berikut :

  1. Agenda Kepemimpinan Pancasila dan Bela Negara;
  2. Agenda Kepemimpinan Pelayanan;
  3. Agenda Pengendalian Pekerjaan;
  4. Agenda Aktualisasi Kepemimpinan;
  5. Orientasi Program dan Evaluasi Pembelajaran.

PKP Angkatan III berlangsung kurang lebih selama 104 hari dimulai pada tanggal 4 Juni s.d. 21 Oktober 2022. Peserta PKP Angkatan III berjumlah 40 orang dengan rincian sebagai berikut :

  1. Pemerintah Daerah DIY : 9 Orang
  2. Pemerintah Kota Yogyakarta DIY : 9 Orang
  3. Pemerintah Kab. Sleman DIY : 4 Orang
  4. Pemerintah Kab. Kulon Progo DIY : 5 Orang
  5. Pemerintah Kab. Pati Prov. Jateng : 7 Orang
  6. Pemerintah Kab. Kota Waringin Timur Prov. Kalteng : 6 Orang

Sekretaris Daerah DIY, Bapak Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji kemudian melanjutkan dengan menyampaikan sambutan dan membuka secara resmi PKP Angkatan III Tahun 2022.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa tujuan pelatihan ini untuk mengembangkan dan memenuhi standar kompetensi manajerial jabatan pengawas. Kompetensi yang dikembangkan dalam PKP ini merupakan kompetensi kepemimpinan melayani.

Beliau juga menyampaikan harapan dari pelatihan ini agar para peserta dapat meningkatkan kapasitas manajerialnya dan mengajak para peserta untuk memanfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya.

Besar harapan, para peserta dapat menjadi para generasi pembeda, para sosok pemimpin yang lebih baik yang tidak sekedar bertahan melainkan dapat berkembang dan akhirnya dapat meninggalkan warisan yang dapat diteruskan oleh para generasi selanjutnya.

(fit)