Yogyakarta – Pembukaan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Angkatan V dan Angkatan VI Tahun 2022 oleh Sekretaris Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Bapak Drs. Kadarmanta Baskara Aji pada hari Senin, 18 April 2022 di Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY.

Kepala Badan Diklat DIY, Bapak Drs. YB. Jarot Budi Harjo dalam laporannya menyebutkan bahwa tujuan Latsar CPNS adalah untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi (memadukan antara jalur pelatihan klasikal dengan non klasikal serta Kompetensi Sosial Kultural dengan Kompetensi Bidang)

Latsar CPNS berlangsung kurang lebih 74 hari dimulai pada tanggal 18 Januari s.d. 25 April 2022 dengan sistem Blended Learning dengan peserta Angkatan V berjumlah 40 orang dan Angkatan VI berjumlah 41 orang yang bertugas pada Pemda DIY.

Bapak Kadarmanta Baskara Aji dalam sambutannya menyampaikan pelatihan dasar menjadi kewajiban yang harus diikuti oleh CPNS dimanapun berada karena itu menjadi syarat CPNS untuk menjadi PNS.

Bapak Kadarmanta Baskara Aji melanjutkan bahwa latsar menjadi salah satu tempat untuk mengasah kepribadian dan kompetensi. “Saudara-saudara sudah mempunyai bekal, baik dari pendidikan dan dari lahir, kemampuan untuk melakukan sesuatu, kemampuan untuk berpikir tugas pokok dan fungsi. Nah pada saat latsar ini saudara-saudara akan diasah supaya kelihatan kemampuannya optimalnya dimana,” ungkap Bapak Kadarmanta Baskara Aji.

Oleh karena itu, dengan mengikuti latsar diharapkan ada perbedaan sebelum dan sesudah mengikuti latsar. Dengan mengikuti latsar peserta diharapkan dapat lebih berkilau, lebih bercahaya, dan lebih optimal prestasinya.

(hdk)