Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (Bandiklat DIY) menyelenggarakan Bimtek Jurnalistik selama 2 hari pada Kamis sampai dengan Jum’at, 24-25 Maret 2022 bertempat di Ruang Kelas Bodronoyo. Kegiatan yang dilaksanakan bekerjasama dengan LPP RRI Yogyakarta ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi jurnalistik utamanya adalah penulisan berita bagi ASN di lingkungan Bandiklat DIY.

Drs. YB. Jarot Budi Harjo, Kepala Bandiklat DIY dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa Bimtek ini diselenggarakan sebagai upaya pemenuhan hak ASN Bandiklat DIY dalam pengembangan kompetensi sebanyak 20 JP per tahun sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang ASN. Ide membuat Bimtek Jurnalistik bermula dari pengamatan internal bahwa isi berita pada website serta media sosial yang dimiliki oleh Bandiklat DIY dinilai kurang bervariasi. Buletin sepi pengirim karya tulis sampai tim redaksi harus selalu menagih tulisan, sehingga perlu upaya untuk membekali dan memotivasi para ASN milenial di Bandiklat DIY agar produktif  untuk menulis.  Disamping itu, bimtek ini juga dirancang sebagai bagian dari agenda Pra Asesmen ISO dalam rangka mendukung peningkatan kualitas pelayanan di bidang pelatihan.

Instruktur Bimtek Jurnalistik ini merupakan praktisi dari RRI Yogyakarta, diantaranya adalah wartawan, reporter, jajaran redaksional, dan pejabat struktural. Penyampaian materi yang sangat menarik melalui diskusi interaktif membuat peserta antusias dalam mengikuti jalannya bimtek. Adapun materi yang diberikan diantaranya adalah Pengantar Jurnalistik, Teknik Wawancara dan Teknik Penulisan Berita. Materi-materi tersebut sangat implementatif ketika diterapkan dalam pembuatan karya tulis berita khususnya pada saat mengekspose kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY.

Setelah tuntas menyampaikan materi, tim instruktur memberikan tugas kepada peserta untuk praktek membuat karya tulis berita. Melalui penugasan ini, akan ditentukan tiga terbaik peserta Bimtek Jurnalistik. Penilaian fokus pada headline, teras berita dan keseluruhan informasi yang disajikan dalam isi berita.  Adapun tiga peserta terbaik adalah Fajar Pamungkas dari Subbag Umum sebagai terbaik ketiga, Octoryna Ayuningtyas dari KS Standarisasi dan Pengembangan Kediklatan sebagai pemilik karya terbaik kedua dan Kholilatul Mahmudah dari KS Penjaminan Mutu dan Inovasi sebagai terbaik Pertama.

Novi Herjanti, S.H.,  selaku perwakilan dari LPP RRI mengucapkan selamat kepada ketiga peserta terbaik, dan berharap agar seluruh peserta mengimplementasikan ilmu jurnalistik yang telah diterima selama bimtek. “Jangan takut salah, teruslah mencoba menulis. Apabila membutuhkan konsultasi dan mengoreksi hasil tulisannya kami siap membantu.” ujarnya. (ul)