Yogyakarta – Kepala LAN RI, Bapak Dr. Adi Suryanto, M.Si., memberikan ceramah pada peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I Tahun 2022 yang dilakukan secara luring di Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta pada hari Kamis, 10 Februari 2022.

Bapak Adi Suryanto menyampaikan ceramah tentang Strategi Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN di Era New Normal. Keadaan zaman selalu berubah termasuk kondisi pandemi Covid 19 yang sedang terjadi di seluruh dunia sehingga birokrasi pun berubah mengikui situasi yang ada, maka ASN diharapkan dapat menjadi motor penggerak.

Seorang pemimpin diuji dalam kondisi-kondisi yang tidak biasa, jika pemimpin berhasil pada situasi yang biasa itu sudah lazim, maka pemimpin yang berhasil pada kondisi sekarang ini saat pandemi Covid 19 terjadi dengan menghadirkan terobosan, gagasan, ide, inovasi, dan kreatifitas itu luar menjadi biasa.

Hal yang penting juga dimiliki oleh seorang pemimpin terutama pada level Kepemimpinan Administrator adalah kemampuan komunikasi yang baik sehingga dengan penguasaan komunikasi yang baik, terobosan, gagasam, ide, dan inovasi dapat dipahami dengan mudah.

Pelatihan Kepemimpinan berfokus pada leadership, proyek perubahan / aksi perubahan, jelas Bapak Adi Suryanto, bukanlah menjadi tujuan pelatihan melainkan hanya tools atau instrumen. Beliau menjelaskan kepada para peserta agar fokus pada pengalaman belajar (lesson learn).

(hdk)