Diklat Tata Naskah dan Busana Jawa dibuka pada hari Senin, 13 Desember 2021 di Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta secara luring.

Kepala Subbidang Kerjasama dan Kepesertaan dalam laporannya menyampaikan tujuan diselenggarakannya Diklat Tata Naskah dan Busana Jawa adalah (1) meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan ASN dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, (2) menciptakan ASN yang mempunyai bekal dasar pemahaman Tata Naskah dan Busana Jawa agar dalam penulisan bahasa dan aksara Jawa sesuai dengan aturan yang benar sehingga tidak ada kerancuan dalam pengartiannya, (3) mengembangkan kearifan lokal sesuai dengan karakteristik keistimewaan DIY.

Diklat dilaksanakan selama 6 hari kerja mulai tanggal 13 Desember s.d. 20 Desember 2021 di Badan Diklat DIY yang diikuti oleh sejumlah 30 orang peserta ASN di lingkungan Pemda DIY.

Dalam sambutan Kepala Badan Diklat DIY yang disampaikan oleh Kepala Bidang Teknis dan Fungsional, Ibu Lintang Ika Novida, S.Sos, dikatakan untuk mencapai tujuan pembangunan nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia seperti yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 diperlukan upaya terus-menerus dan strategi yang tepat, serta ASN yang kompeten, terampil dan loyal terhadap tugas-tugas yang diembannya.

Penanaman nilai-nilai, penambahan wawasan dan pengetahuan, lanjut Ibu Lintang Ika Novida, untuk meningkatkan kompetensi ASN sehingga mendorong kelancaran pelaksanaan tugasnya yang dapat ditempuh melalui pendidikan dan pelatihan.

“Diklat Tata Naskah dan Busana Jawa dilaksanakan sebagai pengembangan dari penguatan kearifan lokal sebagaimana termaktub dalam Undang-Undang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta”, tutup Ibu Lintang Ika Novida

(hdk)