Yogyakarta – Penutupan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) Angkatan V dan VI Tahun 2021 dilakukan secara virtual pada hari Rabu, 3 November 2021, Sekretaris Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Bapak Drs. Kadarmanta Baskara Aji menutup hadir secara daring untuk menutup pelatihan tersebut.

Tujuan Latsar CPNS seperti yang disampaikan oleh Kepala Badan Diklat DIY, Bapak Drs. YB. Jarot Budi Harjo adalah untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat motivasi nasionalisme, dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul, bertanggung jawab, serta memperkuat profesionalisme dan kompetensi bidang.

Evaluasi peserta pada Latsar CPNS Angkatan V, menyatakan 40 orang peserta LULUS dengan kualifikasi kelulusan : Sangat Memuaskan 1 orang dan Memuaskan 39 orang. Berikut 5 peringkat terbaik :

  1. Peringkat pertama oleh Andi Hasta Permana, S.T., dari Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Kundha Niti Mandala sarta Tata Sasana) DIY
  2. Peringkat kedua oleh Nanda Kharina Zaldy Putri, S.H., dari Dinas Perijinan dan Penanaman Modal DIY
  3. Peringkat ketiga oleh Ristyan Ulfah Ula, SE., dari Paniradya Kaistimewan DIY
  4. Peringkat keempat oleh Rossy Oktadila, S.Pd., dari Badan Diklat DIY
  5. Peringkat kelima oleh Septandho Hijri Shafara, S.Sn., dari Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) Disdikpora DIY

Sementara untuk evaluasi peserta pada Latsar CPNS Angkatan VI, menyatakan 39 orang LULUS dan 1 orang ditunda kelulusan, kualifikasi kelulusan : Sangat Memuaskan 2 orang, Memuaskan 37 orang, dan Ditunda kelulusan 1 orang. Berikut 5 peringkat terbaik :

  1. Peringat pertama oleh Fathi Akhfiya Azailfana, A.Md., dari Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Wates Kabupaten Kulon Progo Dikpora DIY
  2. Peringkat kedua oleh Rina Purwaningsih, A.Md., dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kasihan Dikpora DIY
  3. Peringkat ketiga oleh Wahyu Eka Riyadi, A.Md., dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tepus Kabupaten Gunungkidul Dikpora DIY
  4. Peringkat keempat oleh Putri Kharisma, A.Md., dari Badan Diklat DIY
  5. Peringkat kelima oleh Hayu Eska Trimurti Maharsiwi, A.Md., dari Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ngaglik Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman Dikpora DIY

Dalam sambutannya Bapak Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan bahwa meski pelatihan dilaksanakan secara distance learning, tetapi para peserta telah dibekali dengan berbagai kompetensi oleh narasumber dan widyaiswara sehingga menjadi pribadi yang lebih siap dan berkompeten ketika nanti kembali ke unit kerja masing-masing.

“Saya yakin adik-adik semua sudah melek teknologi sehingga tidak masalah dengan distance learning,” ucap Bapak Kadarmanta Baskara Aji.

Bapak Kadarmatan Baskara Aji berharap bahwa para peserta dapat memberikan kreativitas dan inovasi-inovasi bagi unit kerjanya sehingga ketika nanti para peserta kembali, ada peningkatan kinerja dari unit kerjanya.

“Fokuslah pada solusi bukan pada masalah, sehingga ketika ada permasalahan yang dipikirkan adalah solusi bagaimana menyelesaikannya,” tegas Bapak Kadarmanta Baskara Aji.

(hdk)