Yogyakarta – Staf Ahli Gubernur Bidang Sosial Budaya dan Kemasyarakatan, Ibu dr. Etty Kumolowati, M.Kes., membuka Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Angkatan VI Tahun 2021 melalui video conference pada hari Rabu, 27 Oktober 2021.

Kepala Bidang Penjenjangan, Ibu Lintang Ika Novida, S.Sos., selaku Plh Kepala Badan Diklat DIY dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan Latsar CPNS adalah untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi (memadukan antara jalur pelatihan klasikal dengan non klasikal serta Kompetensi Sosial Kultural dengan Kompetensi Bidang)

Latsar CPNS berlangsung kurang lebih 74 hari dimulai pada tanggal 26 Juli s.d. 3 November 2021 dengan sistem Distance Learning dengan peserta Angkatan IV berjumlah 40 orang yang bertugas pada Pemda DIY.

Ibu Etty Kumolowati dalam sambutannya mengatakan CPNS yang menjadi PNS adalah unsur utama sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Sosok PNS yang mampu memainkan peranan tersebut adalah PNS yang memiliki kompetensi yang diindikasikan dari sikap dan perilakunya yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, professional, sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kita harus menyiapkan apa yang harus kita lakukan ditengah pandemi seperti ini, karena pandemi belum berakhir dan nantinya ini akan menjadi endemi, maka kita harus menyiapkan diri,” terang Ibu Etty Kumolowati.

Selain untuk mebentuk kepribadian dan etika, Latsar CPNS ini juga memberikan pengetahuan dasar tentang pemerintahan dan budaya organisasi namun dengan kondisi pandemi seperti ini, menurut Ibu Etty Kumolowati akan membuat orang menjadi lebih individualis, untuk itu perlu dilakukan penyesuaian diri.

(hdk)