Diklat Sosiokultural Tahun 2021 telah selesai dilaksanakan dan ditutup pada hari Rabu, 6 Oktober 2021 secara daring melalui aplikasi zoom. Acara diawali dengan penyampaian pesan dan kesan oleh salah satu orang perwakilan peserta dan dilanjutkan dengan laporan penutup oleh Kepala Subbidang Pelatihan Fungsional, Bapak Soni Fitrianto, S.Psi.

Dalam laporannya, Bapak Soni Fitrianto menjelaskan bahwa Diklat Sosiokultural Tahun 2021 telah dilaksanakan dari tanggal 17 September s.d. 6 Oktober 2021 dengan jumlah peserta yang ikut sebanyak 30 orang dari beberapa OPD di Pemda DIY dengan tujuan menyiapkan ASN Pemda DIY yang mampu mengakselerasi pelaksanaan pelayanan publik melalui sikap toleransi pada keberagaman dan seluruh ASN yang mampu menjalankan visi dan misi Pemerintah Pusat/Daerah dan mampu mengintegrasikan dengan pengembangan muatan lokal di masing-masing daerah.

Evaluasi yang dilakukan terhadap peserta menyatakan bahwa 30 orang LULUS SEMUA dengan kualifikasi Sangat Memuaskan 21 orang dan Baik 9 orang.

Sekretaris Badan Diklat DIY, Ibu Any Widyastuti, S.E., dalam sambutannya mengatakan bahwa kompetensi sosio kultural mutlak dimiliki ASN sebagai bagian dari pelayanan publik, mengingat Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang terdiri dari berbagai suku, budaya, adat istiadat dan agama, sehingga ASN dituntut untuk mampu memahami dan menghargai keberagaman ini.

Pemilihan peserta yang notebene berusia muda, lanjut Ibu Any Widyastuti, bukan tanpa alasan, karena Pemda DIY berupaya mewujudkan pemerintahan inklusif yang menghargai perbedaan meliputi perbedaan pandangan politik, agama/kepercayaan, suku, gender, latar belakang dan sosial ekonomi, dapat tercapai lebih cepat.

“Mengingat ASN muda saat ini adalah aset potensial bagi Pemda DIY untuk berkembang menjadi lebih baik dimasa mendatang, dan mewujudkan Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2025 sebagai pusat pendidikan, budaya dan daerah tujuan wisata terkemuka di Asia tenggara dalam lingkungan masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera,” terang Ibu Any Widyastuti.

(hdk)