Yogyakarta – Pada hari Jumat, 27 Agustus 2021 Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Angkatan III Tahun 2021 yang dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom yang dibuka oleh Asisten Sekretaris Daerah DIY Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum, Bapak Sumadi, S.H., M.H.

Kepala Badan Diklat DIY, Bapak Drs. YB. Jarot Budi Harjo dalam laporannya menyebutkan bahwa tujuan Latsar CPNS adalah untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi (memadukan antara jalur pelatihan klasikal dengan non klasikal serta Kompetensi Sosial Kultural dengan Kompetensi Bidang)

Latsar CPNS berlangsung kurang lebih 74 hari dimulai pada tanggal 24 Mei s.d. 4 September 2021 dengan sistem Distance Learning dengan peserta Angkatan III berjumlah 40 orang yang bertugas pada Pemda DIY.

Kepada peserta, Bapak Sumadi menjelaskan bahwa Pegawai Negeri Sipil sebagai unsur utama Sumber Daya Aparatur Sipil Negara memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

“Saudara-saudari adalah orang-orang terpercaya, dari ribuan yang mengikuti seleksi CPNS, terpilihlah saudara-saudari. Nek nyambut gawe ki sing digoleki jeneng, udu jenang,” terang Bapak Sumadi seraya mengingatkan para peserta akan sikap dan perilaku yang penuh kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, profesional, sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan publik, serta menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Pak Sumadi mengatakan bahwa bekerja dengan mencari jeneng (nama), maka jenang(harta/kekuasaan) akan mengikuti dan jika jeneng bagus maka orang-orang akan percaya.

“Kepercayaan itu adalah segalanya, kepercayaan yang telah diberikan kepada pemerintah kepada saudar-saudari harus dijaga sebaik mungkin, jadikan itu wasiat untuk kita laksanakan. Mari kita jaga kepercayaan yang telah diberikan kepada kita,” tutup Bapak Sumadi.

(hdk)