Yogyakarta – Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan penutupan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I Tahun 2021 pada hari Jumat, 30 Juli 2021 via daring melalui aplikasi zoom.

PKA Angkatan I Tahun 2021 ditutup oleh Sekretaris Daerah DIY Bapak Drs. Kadarmanta Baskara Aji dan dihadiri oleh para peserta, tamu undangan dari instansi pengirim, pejabat struktural dan widyaiswara Badan Diklat DIY yang juga mengikuti penutupan melalui aplikasi zoom.

Acara diawali dengan penyampaian kesan dan pesan oleh salah satu orang perwakilan peserta dan dilanjutkan dengan laporan penutupan oleh Kepala Badan Diklaty DIY, Bapak Drs. YB. Jarot Budi Harjo.

Seperti yang disampaikan oleh Bapak Jarot Budi Harjo, PKA bertujuan untuk mengembangkan kompetensi peserta dalam rangka memenuhi standar Kompetensi Manajerial Jabatan Administrator. Pelatihan berlangsung selama kurang lebih 91 hari dimulai pada tanggal 24 Maret s.d. 30 Juli 2021 dengan metode distance learning.

Bapak Jarot Budi Harjo melanjutkan, evaluasi kelulusan menghasilkan keputusan peserta PKA Angkatan I Tahun 2021 dinyatakan LULUS 39 orang dan ditunda kelulusan 1 orang dengan kualifikasi kelulusan sebagai berikut : “Memuaskan” sebanyak 38 orang, “Baik” sebanyak 1 orang, dan “Ditunda Kelulusan” sebanyak 1 orang.

Berikut 5 (lima) peringkat terbaik PKA Angkatan I Tahun 2021, berturut-turut sebagai berikut:

  1. Peringkat 1 oleh Heri Purnomo, S.STP, M.Eng., dari Kecamatan Padureso Kabupaten Kebumen dengan predikat Memuaskan
  2. Peringkat 2 oleh MH. Arkham Mashudi, S.STP., dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gunungkidul dengan Memuaskan
  3. Peringkat 3 oleh Endrawati Utami, S.E., M.Acc., dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset DIY dengan Memuaskan
  4. Peringkat 4 oleh Drs. Sri Wahyuniarto, M.A., dari Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kulon Progo dengan predikat Memuaskan
  5. Peringkat 5 oleh Dyah Intan Usaratri, S.I.P., M.A., M.Eng., dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Yogyakarta dengan predikat Memuaskan

Bapak Kadarmanta Baskara Aji dalam sambutannya menyampaikan bahwa amanah yang sudah diemban dan akan diemban oleh para peserta baiknya dijadikan momentum untuk menunjukkan bahwa para peserta memiliki kemampuan dan integritas tinggi. Sebab hal itu menjadi bagian dalam tujuan dilaksanakan pelatihan, yakni membangun kebersamaan, wawasan para peserta untuk menjadi kreatif dan inovatif.

“Meskipun pelatihan telah selesai, bapak-ibu masih memiliki tugas untuk meneruskan agenda perubahan yang telah dibuat, karena agenda perubahan tersebut dibutuhkan oleh OPD”, ucap Bapak Kadarmatan Baskara Aji melanjutkan.

Diakhir sambutan Bapak Kadarmanta Baskara Aji kembali berpesan agar para peserta tidak kenal lelah dan tidak menyerah dalam masa pandemi sekarang ini untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Mari kita tunjukkan ASN dan pejabat-pejabat di Daerah Istimewa Yogyakarta punya andil, punya kepedulian dalam rangka mengentaskan masyarakat dari persoalan-persoalan pandemi”, tegas Bapak Kadarmanta Baskara Aji.

(hdk)