Pelatihan Internalisasi Keistimewaan Bagi Eselon IV Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dibuka pada hari Kamis, 10 Juni 2021 di Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY oleh Bapak Drs. YB. Jarot Budi Harjo selaku Kepala Badan Diklat DIY.

Kepala Bidang Pengembangan Kemitraan dan Kerjasama, bapak Drihardono, S.Sos., dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya pelatihan adalah untuk meningkatkan pemahaman Pejabat Eselon IV Pemda DIY mengenai nilai-nilai keistimewaan yang selanjutnya akan dipergunakan sebagai acuan untuk menulis Perencanaan Kegiatan Keistimewaan berkaitan dengan pembentukan perilaku masyarakat bermartabat yang menjadi karakter masyarakat Yogyakarta.

Pelatihan dilaksanakan selama 8 (delapan) hari kerja dimulai tanggal 10 Juni 2021 dengan metode on dan off class bertempat di Badan Diklat DIY dan Kraton Ngayogyakara Hadiningrat dan diikuti oleh 30 orang dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemda DIY.

Bapak Jarot Budi Harjo dalam sambutannya menyampaikan kepada para peserta agar dapat menikmati pelatihan yang diikuti dan memahami mengapa Yogyakarta mendapatkan keistimewaan dari pemerintah baik dari aspek historis, sosiologis, yuridis, termasuk budaya yang akan disampaikan langsung dari pakar dan narasumbernya.

“Berbicara nasionalisme, kebhinekaan, keyogyakartaan, kita sebagai ASN, sebagai pelayan masyarakat, wajib hukumnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kemandirian melalui pembentukan perilaku masyarakat yang bermartabat,” terang Bapak Jarot Budi Harjo.

Bapak Jarot Budi Harjo juga berpesan kepada para peserta agar tetap mengikuti protokol kesehatan Covid19 dan senantiasa menjaga diri sehingga dapat mengikuti pelatihan dari awal hingga akhir.

(Hdk)