Yogyakarta – Setiap tahapan proses menghasilkan produk yang memiliki mutu. Mutu suatu produk atau layanan merupakan hal penting yang mesti diupayakan oleh perusahaan/organisasi untuk dapat memuaskan kebutuhan atau keinginan konsumennya.

Demikian yang disampaikan oleh narasumber dari Kantor Jaminan Mutu Universitas Gadjah Mada, Ibu Dr. Ir. Retno Indrati, M.Sc., saat menyampaikan materi ceramah Manajemen Mutu kepada Peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan I Tahun 2020.

“Setiap proses yang dilakukan untuk menghasilkan produk/layanan dengan memperhatikan kualitas mutunya maka goal-nya pasti baik, begitu pula dengan sebaliknya,” jelas Ibu Retno Indrati.

Lebih lanjut Ibu Retno Indrati menjelaskan bahwa mutu dapat dikenali dari dimensinya. Jika produk yang dihasilkan berupa jasa/layanan maka mutu yang diperhatikan pada aspek tersebut adalah kecepatan, keramahan, keakuratan, kompetensi SDM, dan lain-lain.

Sementara jika produk tersebut berupa barang maka mutu dari produk tersebut dilihat dari fungsinya, kinerja, keandalan, kekuatan, kemudahan dirawat, dan lain-lain.

Dalam organisasi, Ibu Retno Indrati mengatakan hal yang penting dikerjakan di instansi bahwa setiap unit kerja/individu pastilah mempunyai tupoksi. Tupoksi merupakan proses yang harus diwujudkan dalam target/sasaran mutunya, dan target tersebut harus dievaluasi ketercapaiannya secara berkala.

(hdk)