Yogyakarta – Anggota Komisi A DPRD DIY Bidang Pemerintahan yang dipimpin oleh Bapak Eko Suwanto, ST., M.Si., mengadakan kunjungan kerja ke Badan Diklat DIY pada hari Kamis, 20 Februari 2020.

Kunjungan yang dilakukan oleh anggota Komisi A DPRD DIY untuk melihat kondisi/keadaan sekaligus mendengarkan kebutuhan Badan Diklat DIY  dalam melaksanakan aktivitas pendidikan dan pelatihan sesuai dengan standar dan kelayakan sebagaimanamestinya.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan dan penganggaran yang dimiliki oleh anggota DPRD DIY.

Anggota Komisi A DPRD DIY diterima oleh Kepala Badan Diklat DIY, Bapak Dr. Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si., Sekretaris Badan Diklat DIY, Bapak Drs. Wiryawan Sudianto, M.Si., dan struktural Badan Diklat DIY.

Bapak Kuncoro Cahyo Aji mengawali dengan menyampaikan selayang pandang Badan Diklat DIY secara singkat, serta menyampaikan keadaan sarana dan prasarana di Badan Diklat DIY yang perlu untuk diganti dan diperbaiki untuk menunjang penyelenggaraan diklat.

Ketua rombongan, Bapak Drs. H. Suwardi yang merupakan Wakil Ketua Komisi A merangkap anggota menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan anggota Komisi A DPRD DIY ke Badan Diklat DIY sekaligus mengenalkan para anggota yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Menanggapi hal yang disampaikan oleh Bapak Kuncoro Cahyo Aji, Ketua Komisi A, Bapak Eko Suwanto menjelaskan saat memasuki komplek Badan Diklat DIY, rombongan mengamati secara sekilas sarana prasarana yang ada di Badan Diklat DIY.

Dalam pengamatannya, Bapak Eko Suwanto mengatakan bahwa sarana prasarana di Badan Diklat DIY perlu diperhatikan kegunaan dan kelayakannya yang menunjang pelaksanaan diklat. Oleh karena itu Bapak Eko Suwanto dan para anggota setuju bahwa sarana dan prasarana yang ada perlu direvitallisasi.

Menanggapi kebutuhan Badan Diklat DIY untuk membangun auditorium, Bapak Eko Suwanto dan para anggota sepakat bahwa Badan Diklat DIY perlu melakukan kajian dan studi banding terlebih dahulu.

Lebih lanjut, selain memikirkan urusan pembangunan, Bapak Eko Suwanto juga meminta Badan Diklat DIY untuk memperhatikan urusan pengembangan Sumber Daya Manusia yang ada di Pemerintah DIY.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanggapan serta saran dari anggota Komisi A DPRD DIY. Para anggota setuju dengan Bapak Eko Suwanto bahwa sarana dan prasarana di Badan Diklat DIY perlu untuk direvitalisasi dan kapasitasnya dalam menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan untuk ASN di Pemda DIY bisa ditingkatkan terutama ASN yang belum pernah mengikuti diklat.

(hdk)