Yogyakarta – Penggalangan Komitmen dengan tema “Membangun P.O.W.E.R Energi Positif dalam Bekerja dan Melayani” mengundang seluruh pegawai PNS, Tenaga Bantu, Cleaning Service, dan security di Gedung Menza, Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta pada hari Kamis, 13 Februari 2020.

Kepala Badan Diklat DIY, Bapak Dr. Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si., dalam sambutannya menegaskan bahwa perlunya berpikir positif dalam setiap pekerjaan yang dikerjakan karena dengan berpikir positif maka dalam bekerja tubuh menjadi tidak gampang capek dan tidak gampang sakit.

Bapak Kuncoro Cahyo Aji juga menegaskan bahwa setiap pekerjaan yang menjadi tugas masing-masing individu itu memiliki arti. Beliau mengibaratkan instansi seperti sebuah sepeda, yang tidak akan bisa berjalan jika tidak ada velg, tidak akan bisa berjalan tanpa adanya stang, dan komponen-komponen lainnya,.

“Sekecil apapun tugas Bapak/Ibu, itu menjadi sangat berarti. Sadarilah bahwa Bapak/Ibu itu sangat berarti, tanpa kehadiran Bapak/Ibu maka instansi tidak dapat berjalan dengan baik. Maka kerja bersama menjadi sangat penting, lakukan yang terbaik yang ada di depan Anda,” ucap Bapak Kuncoro Cahyo Aji.

Acara kemudian dilanjutkan oleh narasumber Bapak Erik Hadi Saputra, S.Kom., M.Eng., yang merupakan dosen di Universitas AMIKOM Yogyakarta yang juga merupakan seorang training motivator.

Dalam materinya, beliau menekankan bahwa persepsi, ucapan, dan tindakan yang positif memiliki pengaruh yang baik dalam berinteraksi, dalam menentukan kualitas bekerja, dan setiap usaha yang dilakukan nantinya.

Menurut Bapak Erik Hadi Saputra, hal-hal positif, hal-hal baik yang dilakukan di setiap aktivitas akan menjadi tabungan energi, menanam kebaikan yang kelak bakal dituai saat kita membutuhkan.

Lebih jauh beliau menjelaskan, bahwa dalam bekerja terdapat tiga pendangan dalam bekerja, (1) bekerja dengan mata yang mampu menghasilkan uang namun tidak dapat membuat bahagia, (2) bekerja dengan pikiran yang dapat memberikan prestasi dan kesuksesan, yang merupakan tingkatan yang lebih baik daripada bekerja dengan mata, (3) dan bekerja dengan hati yang merupakan tingkatan tertinggi, yang mampu memberikan kebahagiaan.

Maka Bapak Erik Hadi Saputra mengajak para Pegawai, Tenaga Bantu, Cleaning Service dan Security di Badan Diklat DIY dalam bekerja, lebih mengutamakan bekerja dengan hati, karena hasilnya akan menjadi berkah dan kebahagiaan.

Sesi terakhir dilanjutkan dengan Overview Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 oleh Ibu Anugrah Adisti, M.M.A., dari Badan Mutu Pelayanan Kesehatan.

(hdk)