Yogyakarta – Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (Badan Diklat DIY) pada hari Senin, 10 Februari 2020 melaksanakan Pembukaan Diklat Bendahara Daerah Tahun 2020 yang dilaksanakan di Kampus Badan Diklat DIY, Gunung Sempu, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

Acara pembukaan dibuka oleh Kepala Bidang Teknis Fungsional Ibu Tuty Amalia, SH., M.Si serta dihadiri oleh para pejabat struktural dan widyaiswara di lingkungan Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY.

Ibu Zuli Murpuji Astuti mengawali dengan menyampaikan Laporan Pembukaan Diklat Bendahara Daerah. Dalam laporannya, Ibu Zuli Murpuji Astuti menyebutkan, bahwa tujuan pelaksanaan diklat ini adalah membekali peserta agar memiliki pengetahuan, wawasan, keterampilan, dan sikap kerja yang berkaitan dengan teknis penyelenggaraan perbendaharaan, khususnya ketugasan bendahara pengeluaran berdasarkan asas-asas pengelolaan keuangan negara/daerah yang ekonomis, efisien, dan efektif.

Diklat Bendahara Daerah Tahun 2020 berlangsung selama 9 hari dimulai pada tanggal 10 Februari 2020 s.d 24 Februari 2020 dengan sistem on campus dan off campus, peserta tidak diasramakan.

Bendahara daerah sebagai salah satu pejabat di tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD), memiliki peran strategis dalam rangka peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah. Seiring dengan dinamika proses bisnis pelaksanaan APBD dan perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat, diperlukan kemampuan bendahara pengeluaran dalam memperbarui serta mengakselerasi pemahaman dan keahliannya. Untuk itu, diperlukan suatu media peningkatan kapasitas dan kapabilitas bagi para bendahara pengeluaran yang sesuai dengan perkembangan terkini proses bisnis dan teknologi informasi di bidang keuangan daerah.

Adanya kesenjangan (gap) antara persyaratan kebutuhan kompetensi bendahara daerah dengan ketersediaan ASN yang ada harus ditutup dengan peningkatan kapasitas ASN melalui penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Bendahara Daerah.

Dalam sambutannya, Ibu Tuty Amalia, SH., M.Si berharap setelah mengikuti diklat ini seluruh peserta mempunyai kompetensi menguasai konsep perbendaharaan, khususnya bendahara pengeluaran, seperti kelembagaan, peran, dan tugas bendahara pengeluaran, kemampuan menguasai kebijakan dan implementasi pelaksanaan dan penatausahaan belanja, serta kemampuan menguasai perpajakan untuk bendahara pengeluaran.