Selasa, 05 Mei 2015 14:16

Diklat Training Officer Course (TOC) Tahun 2015

Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan Diklat Training Officer Course (TOC) Tahun 2015 bertempat di kampus Badan Diklat DIY Gunungsempu, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

Diklat tersebut secara resmi dibuka oleh Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY ( Drs. Alip Sudardjo, M.Pd) mewakili Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY dan didampingi oleh Kepala Bidang Diklat Teknis Fungsional ( Drs. Wiryawan Sudianto, M.Si ) pada hari Selasa tanggal 05 Mei 2015, yang akan berlangsung sampai dengan tanggal 26 Mei 2015 selama 15 (Lima belas hari kerja ). Diklat tersebut diikuti oleh 25 (Dua puluh lima) orang peserta yang berasal dari PNS yang bidang tugasnya sebagai penyelenggara pelatihan, bimbingan teknis maupun penyuluhan di lingkungan Pemerintah Daerah DIY, bertempat di kampus Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY, Gunungsempu, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

Dalam sambutan pembukaan Diklat Training Officer Course ini Sekretaris Badan Diklat DIY menyampaikan “ Untuk menjamin terlaksananya pelaksanaan diklat yang berkualitas, tentu harus didukung oleh penyelenggara diklat yang juga berkualitas. Diklat bagi penyelenggara diklat (Training Officer Course) adalah sebuah diklat yang bertujuan mempersiapkan para penyelenggara diklat agar dapat memfasilitasi terlaksananya berbagai diklat yang berkualitas. Training Officer Course menjadi sangat penting diselenggarakan agar semua pelaksanaan diklat dapat mencapai hasil akhir yaitu pengembangan sumber daya manusia aparatur sesuai yang diamanatkan dalam kerangka reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan yang baik. Selain itu Training Officer Course (TOC) adalah merupakan salah satu persyaratan dari akreditasi program diklat.

Sedangkan Kepala Bidang Diklat Teknis Fungsional menyampaikan maksud dan tujuan Diklat Training Officer Course adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para para peserta diklat sebagai penyelenggara diklat agar dapat menyelenggarakan diklat secara baik dan profesional, yang memenuhi standar kompetensi dalam penyelenggaraan diklat. Sedangkan standar kompetensi yang perlu dimiliki adalah kemampuan dalam bidang menjaga etika kerja dalam pelaksanaan diklat, memahami perencanaan pelaksanaan diklat, melaksanakan koordinasi penyelenggaraan diklat, melaksanakan administrasi penyelenggaraan diklat, memberikan pelayanan prima dalam pelaksanaan diklat, bekerjasama dalam tim secara efektif(team building),menyiapkan sarana dan prasarana diklat, berkomunikasi efektif dalam penyelenggaraan diklat, serta dalam pelaksanaan studi lapangan.

Adapun materi Diklat TOC terdiri dari :

  1. Pengarahan Program
  2. Building Learning Commitment (BLC)
  3. Kebijakan Diklat Aparatur;
  4. Etika Penyelengaraan Diklat;
  5. Kebutuhan Peserta Diklat;
  6. Etos Kerja Penyelenggara Diklat;
  7. Program Diklat;
  8. Administrasi Penyelenggaraan Diklat;
  9. Koordinasi Penyelenggaraan Diklat;
  10. Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dalam Lingkungan Diklat;
  11. Fasilitas Diklat;
  12. Studi Lapangan;
  13. Seminar Studi Lapangan.

Sedangkan tenaga pengajar pada Diklat Training Officer Course (TOC) ini adalah :

  1. Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY
  2. Balai Pelatihan Kesehatan ( Bapelkes ) Dinas Kesehatan DIY
  3. Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.
  4. Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemendagri Regional Yogyakarta
Telah dibaca 2871 kali

Tuliskan komentar/pertanyaan

Silahkan isikan komentar dan/atau pertanyaan Anda disini

2 komentar

  • Link Komentar Diklat DIY Rabu, 19 Juni 2019 09:31 ditulis oleh Diklat DIY

    @muslim mempersiapkan penyelenggaraan diklat agar dapat terlaksana dg baik dan profesional sesuai dengan standar kompetensi penyelenggaraan diklat

  • Link Komentar muslim Selasa, 18 Juni 2019 09:29 ditulis oleh muslim

    mohon maaf mau nanya..apakah sebenarnya tugas toc itu/

Terbaru

4542753
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
1507
3869
48368
56677

IP Anda: 18.206.241.26