Senin, 12 Agustus 2019 09:36

Pembukaan Diklat Kearsipan Tahun 2019

Yogyakarta – Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (Badan Diklat DIY) melaksanakan pembukaan Diklat Kearsipan Tahun 2019 yang dilaksanakan pada hari Senin, 12 Agustus 2019 bertempat di Kampus Badan Diklat DIY, Gunung Sempu, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

 

Diklat Kearsipan Tahun 2019 dibuka oleh Staff Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Pemerintah Daerah DIY, Bapak Drs. H. Umar Priyono, M.Pd., mewakili Sekretaris Daerah DIY.

 

Kepala Bidang Teknis Fungsional, Ibu Tuty Amalia, SH., M.Si dalam laporan pembukaannya menjelaskan, Diklat Kearsipan diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan peserta di bidang kearsipan untuk menunjang ketersediaan arsip secara cepat, tepat, dan lengkap dalam pelaksanaan tugas kedinasan.

 

Sasarannya adalah terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) handal di bidang kearsipan sehingga terselenggara pengelolaan arsip yang tertib dalam pelaksanaaan tugas kedinasan.

 

Diklat Kearsipan Tahun 2019 dilaksanakan pada tnggal 12 Agustus  2019 s.d. 28 Agustus 2019 selama 12 hari kerja di Kampus Badan Diklat DIY dan peserta tidak diasramakan.

 

Peserta Diklat Kearsipan Tahun 2019 adalah petugas arsip atau pegawai yang ditunjuk sebagai penanggungjawab kearsipan pada masing-masing unit yang ada di setiap satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) di lingkungan pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 30 orang.

 

Bapak Umar Priyono dalam sambutannya menjelaskan pentingnya sebuah arsip, karena Arsip merupakan pusat ingatan dalam setiap SOPD. Apabila arsip yang dimiliki SOPD kurang baik pengelolaannya, maka akibatnya akan mempengaruhi tingkat reputasi suatu SOPD. Informasi yang diperlukan melalui arsip, dapat menghindarkan salah komunikasi, mencegah adanya duplikasi pekerjaan dan membantu mencapai efisiensi kerja.

 

Beliau menambahkan, untuk menjamin ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya maka diperlukan aparatur yang sadar arsip. Beliau juga berharap, para pengelola kearsipan hendaknya mampu menunjukkan adanya suatu kemajuan, peningkatan, serta perbaikan dalam upaya mencapai tujuan kearsipan yang sesuai aturan. (lan)

Telah dibaca 24 kali

Tuliskan komentar/pertanyaan

Silahkan isikan komentar dan/atau pertanyaan Anda disini

Terbaru

4622873
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
896
1382
43093
85395

IP Anda: 34.238.194.166