Selasa, 23 Juli 2019 11:32

Penutupan Latsar CPNS Golongan III Angkatan X 2019

Yogyakarta – Pada hari Selasa, 23 Juli 2019 di Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogykarta (Badan Diklat DIY) dilaksanakan penutupan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) Golongan III Angkatan X Tahun 2019.

 

Penutupan yang dilaksanakan di Kampus Badan Diklat DIY, Gunung Sempu, Tamantirto, Kasihan, Bantul tersebut dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Bapak Moedji Rahardjo, SH., M.Hum.

 

Kepala Bidang Penjenjangan, Ibu Lintang Ika Novida, S.Sos., mewakili Kepala Badan Diklat DIY menyampaikan laporan penutupan. Dalam laporannya dijelaskan bahwa tujuan pelaksanaan Latsar CPNS Golongan III adalah untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat, motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul, bertanggung jawab, serta memperkuat profesionalisme dan kompetensi bidang.

 

Latsar CPNS Golongan III Angkatan X Tahun 2019 dilaksanakan mulai tanggal 14 Mei s/d 23 Juli 2019 dengan sistem on campus on office dengan 4 agenda pelatihan yang dilalui yaitu agenda Sikap Perilaku Bela Negara, agenda Nilai-Nilai Dasar PNS, agenda Kedudukan dan Peran PNS dalam NKRI, dan agenda Habituasi.

 

Ibu Lintang ika Novida melanjutkan, penilaian terhadap kelulusan peserta terdiri dari (1) evaluasi sikap perilaku dengan bobot 10% terdiri atas penilaian dari Badan Diklat DIY sebesar 5% dan penilaian dari instansi asal peserta sebesar 5%; (2) evaluasi akademik dengan bobot penilaian 20%; (3) evaluasi aktualisasi dengan bobot penilaian sebesar 50% yang terdiri dari penilaian Rancangan Aktualisasi sebesar 20% dan penilaian Pelaksanaan Aktualisasi sebesar 30%; (4) evaluasi penguatan kompetensi teknis bidang tugas dengan bobot 20%; (5) evaluasi akhir.

 

Berdasarkan evaluasi kelulusan yang dilakukan oleh penyelenggara pada tanggal 22 Juli 2019 menghasilkan keputusan sebagai berikut:

 

Latsar CPNS Golongan III Angkatan X Tahun 2019 dinyatakan LULUS 40 orang dengan kualifikasi kelulusan sebagai berikut:

-          Sangat Memuaskan : 38 orang

-          Memuaskan : 2 orang

-          Cukup Memuaskan: - orang

-          Kurang Memuaskan: - orang

-          Ditunda Kelulusan: - orang

 

Berikut 5 peringkat terbaik Latsar CPNS Golongan III Angkatan X Tahun 2019:

  1. Heri Septian Munggara, S.Pd., dari SMA Negeri 3 Yogyakarta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta
  2. Rahajeng Berlianingtyas, S.Pd., dari SMA Negeri 2 Playen Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta
  3. Syaiful Ahnanta, S.Pt., dari Balai Pengembangan Bibit, Pakan Ternak dan Diagnostik Kehewanan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Daerah Istimewa Yogyakarta
  4. Warih Sri Martani, S.Pd., dari SMA Negeri 3 Yogyakarta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta
  5. Aptriana Dhevi Endah Sukmawati, S.Pd., dari SMA Negeri 1 Kalibawang Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

 

Dalam sambutannya, Bapak Moedji Rahardjo menerangkan fokus pengembangan Sumber Daya Manusia oleh pemerintah adalah untuk menyongsong era Revolusi Industri 4.0 termasuk menyiapkan ASN generasi milenial yang kompeten.

 

Menurut Bapak Moedji Rahardjo, pemerintah dalam hal ini mesti bergerak cepat untuk mempersiapkan berbagai regulasi dalam rangka menyongsong era revolusi digital sehingga ASN dari generasi milenial ini mampu menghadirkan regulas-regulasi yang tepat di bidang industri digital.

 

Disamping itu ASN di generasi milenial juga diharapkan terus mengembangkan diri secara progresif, inovatif, dan kreatif sehingga nantinya menjadi penerus, pemimpin, atau pemangku kebijakan yang ada di instansi kerjanya.

 

 

(hdk)

Telah dibaca 55 kali

Tuliskan komentar/pertanyaan

Silahkan isikan komentar dan/atau pertanyaan Anda disini

Terbaru

4622784
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
807
1382
43004
85395

IP Anda: 34.238.194.166