Rabu, 17 Juli 2019 10:59

Penutupan Latsar CPNS Golongan III Angkatan IX 2019

Yogyakarta – Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil, pengetahuan dasar tentang sistem pemerintahan dan penyelenggaraan pemerintahan negara dan bidang tugas dan budaya organisasi.

 

Demikian seperti yang disampaikan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Bapak Moedji Rahardjo, SH., M.Hum., pada penutupan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) Golongan III Angkatan IX Tahun 2019 pada hari Rabu, 17 Juli 2019 di Kampus Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (Badan Diklat DIY), Gunung Sempu, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

 

Latsar CPNS Golongan III Angkatan IX Tahun 2019 dilaksanakan mulai tanggal 9 Mei s/d 17 Juli 2019 dengan sistem on campus on office dengan 4 agenda pelatihan yang dilalui yaitu agenda Sikap Perilaku Bela Negara, agenda Nilai-Nilai Dasar PNS, agenda Kedudukan dan Peran PNS dalam NKRI, dan agenda Habituasi.

 

Kepala Badan Diklat DIY, Bapak Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si., dalam laporan penutupan menjelaskan penilaian terhadap kelulusan peserta terdiri dari (1) evaluasi sikap perilaku dengan bobot 10% terdiri atas penilaian dari Badan Diklat DIY sebesar 5% dan penilaian dari instansi asal peserta sebesar 5%; (2) evaluasi akademik dengan bobot penilaian 20%; (3) evaluasi aktualisasi dengan bobot penilaian sebesar 50% yang terdiri dari penilaian Rancangan Aktualisasi sebesar 20% dan penilaian Pelaksanaan Aktualisasi sebesar 30%; (4) evaluasi penguatan kompetensi teknis bidang tugas dengan bobot 20%; (5) evaluasi akhir.

 

Bapak Kuncoro Cahyo Aji melanjutkan, berdasarkan evaluasi kelulusan yang dilakukan oleh penyelenggara pada tanggal 16 Juli 2019 menghasilkan keputusan sebagai berikut:

 

Latsar CPNS Golongan III Angkatan IX Tahun 2019 dinyatakan LULUS 40 orang dengan kualifikasi kelulusan sebagai berikut:

-          Sangat Memuaskan : 24 orang

-          Memuaskan : 16 orang

-          Cukup Memuaskan: - orang

-          Kurang Memuaskan: - orang

-          Ditunda Kelulusan: - orang

 

Berikut 5 peringkat terbaik Latsar CPNS Golongan III Angkatan IX Tahun 2019:

  1.    Harda Raharjo, S.T., dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral Daerah Istimewa Yogyakarta
  2.    Ersa Yuni Noviasari, S.Pt., dari Balai Pengembangan Perbibitan Ternak dan Diagnostik Kehewanan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Daerah Istimewa Yogyakarta
  3.    Nur Ari Pretiwi, S.Pd., dari SMA Negeri 1 Girimulyo Kulon Progo Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta
  4.    Ratri Budiwati, S.Pd., dari SMA Negeri 1 Ngemplak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta
  5.   Catur Fitriana, S.Pd., dari SMA Negeri 1 Mlati Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

 

Lebih jauh, Bapak Moedji Rahardjo melanjutkan, perubahan Diklat Prajabatan menjadi Pelatihan Dasar CPNS bukan hanya perubahan nama saja tetapi lebih kepada perubahan mindset PNS dalam memahami nilai-nilai dasar PNS yaitu akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu, dan tentunya anti korupsi.

 

“maka selain dituntut untuk memahami nilai-nilai dasar ASN, setiap CPNS juga dituntut untuk menjalankan perannya sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, perekat dan pemersatu bangsa dalam lelaku amemangun karyenak tyasing sesama (berbuat untuk menyenangkan hati manusia),” tutup Bapak Moedji Rahardjo.

 

 

(hdk)

Telah dibaca 184 kali

Tuliskan komentar/pertanyaan

Silahkan isikan komentar dan/atau pertanyaan Anda disini

Terbaru

4629728
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
0
35728
2439

IP Anda: 35.175.191.168