Rabu, 03 Juli 2019 09:48

Pembukaan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III Angkatan XIV Tahun 2019

Yogyakarta – Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (Badan Diklat DIY) melaksanakan pembukaan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) Golongan III Angkatan XIV Tahun 2019 pada hari Rabu, 3 Juli 2019 di Gedung Menza, Kampus Badan Diklat DIY, Gunung Sempu, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

 

Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Sosial, Budaya, dan Kemasyarakatan, Bapak Drs. Tri Mulyono, MM., pada kesempatan tersebut membuka secara langsung Latsar CPNS Golongan III Angkatan XIV Tahun 2019.

 

Latsar CPNS dilaksanakan atas dasar hukum Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, dan Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara RI Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil.

 

Kepala Badan Diklat DIY, Bapak Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si., dalam laporan pembukaan menjelaskan, Latsar CPNS dilaksanakan dengan tujuan untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat, dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggungjawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

 

Pelaksanaan Latsar CPNS Golongan III Angkatan XIV Tahun 2019 bertempat di Badan Diklat DIY kurang lebih selama 51 hari dimulai pada 2 Juli 2019 s.d 2 September 2019 dengan sistem on Class dan on Office, peserta diasramakan. Peserta Latsar CPNS Golongan III Angkatan XIV Tahun 2019 berjumlah 40 orang.

 

Agenda Latsar CPNS meliputi:

1.       Agenda Sikap Perilaku Bela Negara

2.       Agenda Nilai-Nilai Dasar PNS

3.       Agenda Kedudukan dan Peran PNS dalam NKRI

4.       Agenda Habituasi

Bapak Tri Mulyono dalam sambutannya menjelaskan, Latsar CPNS dilaksanakan untuk pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS, pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan, serta bidang tugas dan budaya organisasi agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.

 

Lebih jauh Bapak Tri Mulyono menegaskan agar peserta sungguh-sungguh memanfaatkan mengikuti Latsar CPNS ini karena peserta pelatihan ini merupakan orang-orang terpilih dari sekian banyak orang saat proses seleksi CPNS, maka dengan mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan memberikan yang terbaik sehingga nantinya dapat mewujudkan tujuan utama sebagai ASN yang profesional

 

“karena peserta pada Latsar CPNS ini mayoritas adalah calon guru maka sekarang isu yang paling utama adalah zonasi, kemudian isu selanjutnya adalah ketimpangan kualitas pendidikan, untuk saudara-saudara peserta calon pendidik, kuatkan zonasi itu, karena itu kebijakan pemerintah, kualitas harus ditingkatkan, diratakan, harapannya semua masyarakat mendapat pelayanan yang sama,” tutup Bapak Tri Mulyono.

 

 

(hdk)

Telah dibaca 61 kali

Tuliskan komentar/pertanyaan

Silahkan isikan komentar dan/atau pertanyaan Anda disini

Terbaru

4622775
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
798
1382
42995
85395

IP Anda: 34.238.194.166