Print halaman ini
Senin, 06 Mei 2019 10:24

Pembukaan Diklat Bendahara Tahun 2019

Yogyakarta – Pada hari Senin, 6 Mei 2019 Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (Badan Diklat DIY) melaksanakan pembukaan Diklat Bendahara Tahun 2019 yang diselenggarakan di Kampus Badan Diklat DIY, Gunung Sempu, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

 

Dalam laporannya, Kepala Bidang Teknis Fungsional, Ibu Tuty Amalia, SH., M.Si., menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan Diklat Bendahara adalah untuk meningkatkan kompetensi peserta agar memahami proses pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

 

Sasarannya adalah aparatur yang dipersiapkan untuk menangani proses dan tugas-tugas bendahara pada unit kerjanya.

 

Diklat Bendahara Tahun 2019 dilaksanakan mulai tanggal 6 Mei 2019 s.d. 17 Mei 2019 dengan sistem on-off class yang diikuti oleh sejumlah 30 orang yang merupakan ASN Pemda DIY. Tenaga Pengajar berasal dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset DIY, Badan Diklat DIY, dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DIY.

 

Kepala Badan Diklat DIY, Bapak Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si., dalam sambutannya menerangkan, APBD merupakan instrumen kebijakan yang dipakai sebagai alat untuk meningkatkan pelayanan umum dan kesejahteraan masyarakat di daerah.

 

Bapak Kuncoro Cahyo Aji melanjutkan, salah satu aspek dari pemerintah daerah yang harus diatur secara hati-hati adalah masalah pengelolaan keuangan daerah dan anggaran daerah. Hal ini menjadi sangat krusial karena kinerja pemerintah baik di level pusat dan daerah dituntut untuk selalu transparan dan akuntabel.

 

Diklat Bendahara kami harapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kompetensi para PNS dalam hal tata kelola keuangan khususnya ketugasan yang berkaitan dengan bendahara. Hal ini sebagai salah satu wujud komitmen Pemerintah Daerah DIY untuk terus memajukan SDM-nya agar dapat melaksanakan pemerintahan yang akuntabel di semua aspek khususnya keuangan,” tutup Bapak Kuncoro Cahyo Aji.

 

 

 (hdk)

Telah dibaca 128 kali