Print halaman ini
Jumat, 26 April 2019 10:06

Evaluasi Rancangan Aktualisasi pada Latsar CPNS Golongan III Angkatan I Tahun 2019

Yogyakarta – Pada hari Jumat, 26 April 2019, peserta Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) Golongan III Angkatan I Tahun 2019 melaksanakan agenda Evaluasi Rancangan Aktualisasi di Kampus Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Dalam Rancangan Aktualiasi, tiap peserta menginternalisasi nilai-nilai ANEKA (Akuntabilita-Nasionalisme-Etika Publik-Komitmen Mutu-Anti Korupsi) pada kegiatan yang dilaksanakan di instansinya masing-masing yang mencerminkan nilai-nilai yang di kandung dalam materi Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi.

 

ANEKA merupakan nilai dasar bagi setiap PNS yang mengemban dan melaksanakan tugas jabatan sebagai Aparatur Sipil Negara dalam rangka mewujudkan birokrasi yang berkelas dunia dan profesional.

 

Pelaksanaan Evaluasi Rancangan Aktualisasi pada Latsar CPNS Golongan III Angkatan I Tahun 2019 dibagi ke dalam 4 kelompok. Peserta pada masing-masing kelompok diuji oleh 1 orang penguji. Selain itu dalam evaluasi tersebut juga hadir mentor dari peserta, coach dan juga pengampu.

 

 

(hdk)

Telah dibaca 2390 kali

7 komentar

  • Link Komentar Pal Agus, Indras dan Pak Eko. Badan Diklat BPK RI Jumat, 12 Juli 2019 14:21 ditulis oleh Pal Agus, Indras dan Pak Eko. Badan Diklat BPK RI

    # 8 8 8 * Angka Delapan bisa diartikan bulan Agustus yakni ULTAH Negara Republik Indonesia. Ultah kali ini momentum penting BPK I.r Jokowi dengan Ibu Iriana menduduki kursi Nomer Satu di Republik ini periode yang ke dua. Mirip BPk doktor Susilo Bambang Yudhoyono juga begitu dua kali masa jabatannya dengan Ibu Almarhumah Ani Yodhoyono. Lalu aspek penting apa bagi badan diklat? Ada ilmu maupun hikmah di Ultah Indonesia terutama bagi dunia pendidikan, yakni : Satu. Ultah adalah media intropeksi untuk ke depannya . Jadi bidang pendidikan harus berintropeksi menghadapi serangan teknologi. . Suatu saat teknologi media di klas akan berubah total bahkan ada kulia melalui TELE CONFERENCE langsung dari KEPALA LAN Jakarta. Bila di BEPEKA langsung dari Anggota dan atau Ketua BPK RI Jakarta yang bisa di paralel menuju Badan Diklat Provinsi DIY.

    Dua. Peluang Pelatihan Calon Anggota KPU baik untuk PILKADA maupun PILPRES. Karena apa? Pemilu lima tahun ke depan harus lebih canggih.......Petahana tidak ada berari semangkin ketat persaingannnya. Peluang ini harus dimodifikasi.....bagaimana bentuk maupun cara pelatihannya.

    Tiga. Ada tamsil: Akhir bisa menjadi Awal. Itulah BPK Jokowi sekarang yang mulai didampingi tidak dengan Bapak Jusup Kalla. Dalam aaudit disebut Cut Off (pisah batas) ini menjadi rentang titik kritis yang diperhatikan pemeriksa. Nah oleh sebab itu ungkapan akhir menuju awal bisa di jabarkan dalam berbagai topoik diklat. Contohnya: Diklat Manajemen Perubahan. Diklat Leadership Menuju Era Milenium, Diklat Uji Coba Penerapan Sistem Informasi. Dklat Evaluasi Program Pelatihan serta Penyusunan Program Pelatihan Baru. ContohKasus lagi: Diklat Penggunaan Analisis "After Before" untuk kegiatan pemeriksaan pada Inspektorat". Diklat Penggunaan Analisis "After Before "Untuk Pemeriksaan Uji coba Penerapan Sistem Informasi. Diklat Kajian Penerapan Peraturan antara setelah di perdakan dengan sebelum ada perdanya.

    Demikian semoga bermanfaat. . Tri Maa KSH

  • Link Komentar Lintas Disiplin Ilmu.  PAU  UNS  SOLO Kamis, 11 Juli 2019 08:46 ditulis oleh Lintas Disiplin Ilmu. PAU UNS SOLO

    IRI GASI. Pelatian terkait Ke PU An Penting dengan modifikasi luas lahan semangkin sempit. Jadi bagaiaman membangun IRIGASI dan sejenisnya dalam kondisi lahan yang begitu. Ini fakta yang harus direspon oleh para Insinyur bangunan sar pras pertanian dengan lahan yang begitu. Nah oleh sebab itu mau tidak mau para insinyur SIPIL yang terkait bangunan sarpras pertanian harus ditantang oleh keadaan di Indonesia. Jadi mungkin di luar negeri masih berlaku namun untuk Indonesia menjadi pertanyaan penting. Jawaban ada pada guru besar teknologi pertanian termasuk di FP Universitas Sebelas Maret SOLO. Demikian semoga bermanfaat. TRI MAA KSH........

  • Link Komentar Diklat DIY Rabu, 10 Juli 2019 08:24 ditulis oleh Diklat DIY

    @Ana jika yang dimaksud adalah tugas mentor, maka tugasnya adalah memberikan dukungan, bimbingan dan masukan atau arahan kepada peserta untuk melaksanakan rancangan aktualisasinya

  • Link Komentar Ana Selasa, 09 Juli 2019 16:03 ditulis oleh Ana

    Tugas mentor dalam evaluasi aktualisasi

  • Link Komentar Ana Selasa, 09 Juli 2019 16:02 ditulis oleh Ana

    Tugas mentor

  • Link Komentar Diklat DIY Selasa, 21 Mei 2019 15:13 ditulis oleh Diklat DIY

    @syukron hasil evaluasi akan disampaikan setelah Evaluasi Aktualisasi selesai dilaksanakan

  • Link Komentar syukron Minggu, 19 Mei 2019 04:06 ditulis oleh syukron

    kok gak dituliskan hasil/simpulan evaluasinya...