Print halaman ini
Senin, 22 April 2019 10:08

Pembukaan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III Angkatan IV Tahun 2019

Yogyakarta – Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (Badan Diklat DIY) melaksanakan pembukaan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) Golongan III Angkatan IV Tahun 2019 di Gedung Menza, Kampus Badan Diklat DIY, Gunung Sempu, Tamantirto, Kasihan, Bantul pada hari Senin, 22 April 2019.

 

Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Bapak Moedji Rahardjo, SH., M.Hum., pada kesempatan tersebut membuka secara langsung Latsar CPNS Golongan III Angkatan IV Tahun 2019.

 

Latsar CPNS dilaksanakan atas dasar hukum Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, dan Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara RI Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil.

 

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Badan Diklat DIY, Bapak Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si., Latsar CPNS dilaksanakan dengan tujuan untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat, dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggungjawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

 

Pelaksanaan Latsar CPNS Golongan III Angkatan IV Tahun 2019 bertempat di Badan Diklat DIY kurang lebih selama 51 hari dimulai pada 21 April 2019 s.d 1 Juli 2019 dengan sistem on off class, peserta diasramakan. Peserta Latsar CPNS Golongan III Angkatan IV Tahun 2019 berjumlah 40 orang.

 

Agenda Latsar CPNS meliputi:

1.       Agenda Sikap Perilaku Bela Negara

2.       Agenda Nilai-Nilai Dasar PNS

3.       Agenda Kedudukan dan Peran PNS dalam NKRI

4.       Agenda Habituasi

Bapak Moedji Rahardjo dalam sambutannya menekankan Pelatihan Dasar CPNS dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan untuk pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS, pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara serta bidang tugas dan budaya organisasi.

 

Bapak Moedji Rahardjo menambahkan, dengan mengikuti Latsar CPNS dan nantinya setelah diangkat menjadi PNS dan mulai aktif bekerja, ilmu yang di dapat selama pelatihan dapat diimplementasikan.

 

“Saya menekankan agar peserta memiliki komitmen dan dedikasi yang baik selama mengikuti latsar maupun setelah paska latsar dalam rangka peningkatan kinerja,” lanjut Bapak Moedji Rahardjo.

 

Disamping itu, peserta Latsar CPNS yang telah diangkat menjadi PNS nantinya diharapkan dapat menjadi teladan bagi masyarakat di sekitarnya, ASN yang harus bertindak sejalan dengan norma yang ada serta menjunjung tinggi etika profesi.

 

 

(hdk)

Telah dibaca 305 kali