Kamis, 11 April 2019 10:34

Kepala Biro Organisasi Setda DIY menyampaikan Ceramah Transformasi Kepemimpinan Birokrasi pada Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan II Tahun 2019

Yogyakarta  – Kepala Biro Orgranisasi Sekretariat Daerah (Setda) Daerah Istimewa Yogyakarta, Bapak Drs. YB. Jarot Budi Harjo menyampaikan ceramah kepada peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan II Tahun 2019 tentang Transformasi Kepemimpinan Birokrasi pada hari Kamis, 11 April 2019.

 

Dalam ceramahnya, Bapak Jarot Budi Harjo mengungkapkan ada 3 (tiga) masalah besar dalam pembangunan di Indonesia: (1) birokrasi; (2) Korupsi; dan (3) infrastruktur. Sementara untuk lingkup birokrasi, beliau menjelaskan permasalahan yang muncul di daerah meliputi masalah rasio belanja pegawai, penerapan manajemen kinerja, kualitas pelayanan publik, penataan kelembagaan, inovasi pelayanan publik, pengelolaan pengaduan masyarakat, peningkatan pengawasan, dan pengelolaan Sumber Daya Manusia Aparatur.

 

Lebih jauh, Bapak Jarot Budi Harjo menjelaskan, adanya tuntutan dari masyarakat untuk kebutuhan Penyelenggara Negara yang akan datang beberapa diantaranya adalah diharapkan Aparatur Sipil Negara memiliki integritas dan tertib dalam penyelenggaraan negara, menjalankan tugas dan fungsinya dengan profesional, serta mengedepankan akuntabilitas.

 

Kaitannya dengan kebijakan nasional, menurut Bapak Jarot Budi Harjo diperlukan adanya reformasi birokrasi. Terdapat 8 (delapan) area perubahan dalam reformasi birokrasi secara makro yang kedelapan area perubahan ini berlaku juga di daerah-daerah lain.

 

Delapan area perubahan tersebut antara lain mental Aparatur dan manajemen perubahan (mind set dan culture set), pengawasan, akuntabilitas, kelembagaan, tatalaksana, SDM Aparatur Sipil Negara, Peraturan Perundang-Undangan, dan pelayanan publik.

 

“Kaitannya dengan program reformasi birokrasi ini tentunya kita harus berbicara kondisi saat ini dengan kondisi kedepan yang diharapkan, harapannya dengan terwujudnya program reformasi birokrasi, kedepannya investasi di DIY akan semakin banyak,” tegas Bapak Jarot.

 

 

(hdk)

Telah dibaca 72 kali

Tuliskan komentar/pertanyaan

Silahkan isikan komentar dan/atau pertanyaan Anda disini

Terbaru

4417173
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
1061
1592
40677
61942

IP Anda: 18.234.88.196