Selasa, 09 April 2019 10:08

Pembukaan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III Angkatan II dan Angkatan III Tahun 2019


 

Yogyakarta – Pada hari Selasa, 9 April 2019 di Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (Badan Diklat DIY) dilaksanakan pembukaan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) Golongan III Angkatan II dan III Tahun 2019 oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Pemerintahan, dan Politik, Bapak Drs. H. Umar Priyono, M.Pd.

 

Pembukaan yang dilaksanakan di Gedung Menza, Kampus Badan Diklat DIY, Gunung Sempu, Tamantirto, Kasihan, Bantul dihadiri oleh tamu undangan dari Badan Kepegawaian Daerah DIY, pejabat struktural dan widyaiswara Badan Diklat DIY.

 

Kepala Badan Diklat DIY, Bapak Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si., saat menyampaikan laporan pembukaan menerangkan, Latsar CPNS dilaksanakan atas dasar hukum Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, dan Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara RI Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil.

 

Latsar CPNS, lanjut Bapak Kuncoro Cahyo Aji, bertujuan untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat, dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggungjawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

 

Pelaksanaan Latsar CPNS Golongan III Angkatan II dan Angkatan III Tahun 2019 bertempat di Badan Diklat DIY kurang lebih selama 51 hari dimulai pada 8 April 2019 s.d 19 Juni 2019 dengan sistem on off class, peserta diasramakan.

 

Agenda Latsar CPNS meliputi:

1.       Agenda Sikap Perilaku Bela Negara

2.       Agenda Nilai-Nilai Dasar PNS

3.       Agenda Kedudukan dan Peran PNS dalam NKRI

4.       Agenda Habituasi

 

Peserta Latsar CPNS Golongan III Angkatan II dan Angkatan III Tahun 2019 masing-masing berjumlah 40 orang.

 

Bapak Umar Priyono dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pelatihan dasar merupakan titik awal dalam menapaki jenjang birokrasi. Beliau menekankan 3 (tiga) hal bagi Aparatur Sipil Negara di Yogyakarta, pertama, ASN harus berkontribusi untuk Merah Putih (Indonesia).

 

“Eksistensi saudara-saudara sekalian tidak akan bermakna jika tidak memiliki kontribusi kepada merah putih,” tegas Bapak Umar Priyono. Kedua adalah kebhinekaan yang harus diperjuangkan untuk tetap tegak berdiri kokohnya NKRI, karena Daerah Istimewa Yogyakarta sangatlah multikultural.

 

Dan ketiga adalah Pancasila yang merupakan way of life bagi segenap ASN. Selain itu, Bapak Umar Priyono juga berpesan kepada seluruh peserta agar wajib memahami tentang visi keYogyakartaan sejak Yogyakarta itu awal berdiri hingga sekarang dan nantinya.

 

“Pahamilah, kalau memang durasi untuk Latsar ini belum cukup, ya belajarnya dengan cara masing-masing untuk mencari informasi kaitannya dengan eksistensi posisi saudara-saudara berada,” tutup Bapak Umar Priyono

 

 

(hdk)

Telah dibaca 298 kali

Tuliskan komentar/pertanyaan

Silahkan isikan komentar dan/atau pertanyaan Anda disini

Terbaru

4560026
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
87
3327
65641
56677

IP Anda: 35.171.183.163