Kamis, 07 Februari 2019 10:18

Pembukaan Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan I dan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan I Tahun 2019

Yogyakarta – Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (Badan Diklat DIY) pada hari Kamis, 7 Februari 2019 melaksanakan Pembukaan Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan I dan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan I Tahun 2019 yang dilaksanakan di Kampus Badan Diklat DIY, Gunung Sempu, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

 

Acara pembukaan dihadiri oleh Asisten Sekretaris Daerah DIY Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat, Ibu Ir. Arofa Noor Indriani, M.Si., mewakili Sekda DIY, Kepala Badan Diklat DIY, Bapak Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si., tamu undangan dari instansi pengirim, pejabat struktural dan Widyaiswara Badan Diklat DIY.

 

Bapak Kuncoro Cahyo Aji mengawali dengan menyampaikan Laporan Pembukaan Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan I dan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan I Tahun 2019. Dalam laporannya, Bapak Kuncoro Cahyo Aji menyebutkan, bahwa tujuan pelaksanaan Diklat Kepemimpinan Tingkat III adalah meningkatkan kompetensi kepemimpinan taktikal Pejabat Struktural Eselon III yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing.

 

Sementara itu, tujuan pelaksanaan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV bertujuan untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional pada Pejabat Struktural Eselon IV yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing.

 

Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan I Tahun 2019 dilaksanakan mulai tanggal 6 Februari s.d. 15 Juni 2019 selama 98 hari dan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan I Tahun 2019 dilaksanakan mulai tanggal 6 Februari s.d. 22 Juni 2019 selama 103 hari di Kampus Badan Diklat DIY, dua angkatan tersebut dilaksanakan dengan sistem on class dan off class.

 

Tahapan dalam Diklat Kepemimpinan Tingkat III dan IV meliputi: Tahap Diagnosa Kebutuhan Perubahan, Tahap Membangun Komitmen Bersama, Tahap Merancang Perubahan dan Membangun Tim, Tahap Laboratorium Kepemimpinan, dan Tahap Evaluasi.

 

Berikut peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan I Tahun 2019:

1.       Pemerintah Daerah DIY: 8 orang

2.       Pemerintah Kota Yogyakarta DIY: 8 orang

3.       Pemerintah Kabupaten Sleman DIY: 5 orang

4.       Pemerintah Kabupaten Bantul DIY: 5 orang

5.       Pemerintah Kabupaten Gunungkidul DIY: 3 orang

6.       Pemerintah Kabupaten Kulon Progo DIY: 5 orang

7.       Pemerintah Kabupaten Blitar, Jawa Timur: 4 orang

8.       Pemerintah Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat: 2 orang

 

 

Dan berikut peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan I Tahun 2019:

1.       Pemerintah Daerah DIY: 12 orang

2.       Pemerintah Kota Yogyakarta DIY: 16 orang

3.       Pemerintah Kabupaten Bantul DIY: 7 orang

4.       Pemerintah Kabupaten Gunungkidul DIY: 3 orang

5.       Pemerintah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah: 2 orang

 

Ibu Arofa Noor Indriani dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kondisi birokrasi saat ini masih memperlihatkan mindset aparatur yang perlu diubah, tidak hanya struktur dan fungsinya tetapi juga perilaku aparaturnya.

 

Perubahan perilaku aparatur, lanjut Ibu Arofa Noor Indriani, perlu adanya kesadaran baru. Pemerintah dituntut tidak untuk melayani dirinya sendiri tetapi untuk melayani masyarakat.

 

“Jabatan adalah suatu amanah, kepercayaaan sekaligus titipan yang kelak harus dipertanggungjawabkan secara etika dan profesional. Yang penting sekarang ini kita mau belajar, tingkatkan kreativitas dan inovasi, jangan dalam kondisi sekarang ini saja sudah cukup. Bekerja harus fokus tetapi juga rileks,” tutup Ibu Arofa Noor Indriani.

 

 

(hdk)

Telah dibaca 193 kali

Tuliskan komentar/pertanyaan

Silahkan isikan komentar dan/atau pertanyaan Anda disini

Terbaru

4418573
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
2461
1592
42077
61942

IP Anda: 18.234.51.17