Jumat, 05 Oktober 2018 10:03

Penutupan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Angkatan II Tahun 2018

Yogyakarta – Pada hari Jumat, 5 Oktober 2018 dilaksanakan penutupan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) Golongan II Angkatan II Tahun 2018 kerjasama Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dengan Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (Badan Diklat DIY)

Hadir dalam penutupan tersebut Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham DIY, Bapak Adjar Anggono, SH., MH., menutup Latsar CPNS Golongan II Angkatan II Tahun 2018, Kepala Badan Diklat DIY dan pejabat dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta, Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta, Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Yogyakarta, Lapas IIB Sleman, Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta, Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Yogyakarta, Rutan Kelas IIB Bantul, Rutan Kelas IIB Wonosari, tamu undangan, pejabat struktural serta Widyaiswara dari Badan Diklat DIY.

Salah satu peserta mengawali dengan menyampaikan pesan dan kesan. Seluruh peserta mengucapkan terima kasih yang ditujukan kepada Kepala Kanwil Kemenkumham DIY yang telah memberikan kesempatan dalam mengikuti Latsar CPNS, Kepala Badan Diklat DIY yang telah memfasilitasi pelaksanaan Latsar CPNS, dan kepada Widyaiswara yang telah membagikan ilmunya sehingga peserta Latsar CPNS Golongan II memiliki bekal yang cukup untuk melaksanakan tugas di Unit Pelaksana Teknis (UPT) masing-masing.

Dalam laporan penutupan, Kepala Badan Diklat DIY, Bapak Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si., menerangkan bahwa tujuan pelaksanaan Latsar CPNS Golongan II adalah untuk membentuk CPNS yang memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pelayan masyarakat yang baik. Selama Latsar dilaksanakan, peserta mendapatkan materi: agenda Sikap Perilaku Bela Negara, agenda Nilai-Nilai Dasar PNS, agenda Kedudukan dan Peran PNS dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan agenda Habituasi.

Penilaian terhadap kelulusan peserta Latsar CPNS Golongan II Angkatan II Tahun 2018 difokuskan pada aspek Rancangan Aktualisasi dengan mempertimbangkan aspek sikap dan perilaku. Hasil evaluasi pada 40 orang peserta Latsar CPNS Golongan II Angkatan II Tahun 2018, sebanyak 40 orang dinyatakan LULUS dengan kualifikasi kelulusan: “Memuaskan” sebanyak 31 orang dan “Cukup Memuaskan” sebanyak 9 orang.

Berikut 5 (lima) peringkat terbaik peserta Latsar CPNS Golongan II Angkatan II Tahun 2018, berturut-turut sebagai berikut:

1.       Fuadafi Ardiyan Yuritno dari Rutan Kelas IIB Wonosari dengan predikat “Memuaskan

2.       Afri Sasongko Ady Putra dari Lapas Kelas IIA Yogyakarta dengan predikat “Memuaskan

3.       Fitri Nur Hidayati dari Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta dengan predikat “Memuaskan

4.       Laras Oktana dari Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta dengan predikat “Memuaskan

5.       Heti Setyoningsih dari Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta dengan predikat “Memuaskan

 

Bapak Adjar Anggono dalam sambutannya menjelaskan Latsar merupakan pelatihan yang perlu dihayati dengan baik oleh seluruh peserta Latsar karena materi yang disampaikan cukup komprehensif dan salah satu yang perlu diperhatikan oleh peserta adalah nilai integritas.

Integritas, tutur Bapak Adjar Anggono kepada peserta, merupakan pondasi utama dalam melaksanakan tugas. “Dengan berintegritas, hasil tugas yang dikerjakan menjadi lebih baik,” tegas beliau.

Lebih jauh, Bapak Adjar Anggono menyampaikan, bahwa dengan berakhirnya Latsar CPNS Golongan II Angkatan II Tahun 2018 dan dinyatakannya kelulusan kepada 40 orang peserta, tentu menjadi motivasi  dan bekal yang cukup bagi peserta untuk menjalankan tugas di (UPT) masing-masing.

“Dan tata nilai PASTI (Profesional – Akuntabel – Sinergis – Transparan - Inovatif) serta janji kinerja menjadi pola dasar kita untuk menjalankan tugas dan fungsi sehari-hari”, tutup Bapak Adjar Anggono.

 

(Tim Peliput)

Telah dibaca 59 kali

Tuliskan komentar/pertanyaan

Silahkan isikan komentar dan/atau pertanyaan Anda disini

Terbaru

4136874
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
7
797
21056
46067

IP Anda: 54.82.73.21