Jumat, 17 Agustus 2018 09:54

Upacara Peringatan Hari Kemerderkaan RI Ke-73

Pada hari ini, Jumat, tanggal 17 Agustus 2018 dilaksanakan upacara peringatan Kemerdekaan HUT Republik Indonesia ke-73 di halaman upacara kantor Badan Diklat DIY di Gunung Sempu, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

Upacara dipimpin oleh Kepala Bidang Kepesertaan Badan Diklat DIY Drs. Wiryawan Sudiyanto, M.Si selaku Komandan Upacara, dan selaku inspektur upacara adalah Kepala Badan Diklat DIY, Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si. Upacara dihadiri oleh Pejabat Struktural, Widyaiswara, karyawan karyawati Badan Diklat DIY serta peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan VII Tahun 2018, peserta Latsar Golongan II Angkatan IV Tahun 2018, dan peserta Latsar Golongan III Angkatan I Tahun 2018.

Dalam upacara, Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si membacakan sambutan dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 ini mengusung tema “Kerja Kita, Prestasi Bangsa” dimana selang sehari peringatan proklamasi akan dilakukan upacara Pembukaan Asian Games ke-18 pada tanggal 18 Agustus 2018 dengan tema: “The Energy of Asia”. Pada ajang olahraga ini Indonesia ditargetkan untuk menjadi sepuluh besar Asia, dan akan tercapai jika atlet mampu mendayagunakan potensi “inner energy” yang dimiliki.

Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika merupakan dasar untuk berjuang yang digerakkan oleh para pejuang lintas-etnik dan lintas-agama yang membawa makna sejarah bagi perjuangan Indonesia. Jika dulu berjuang mengangkat senjata untuk merebut kemerdekaan, maka di alam reformasi sekarang ini kita harus tetap berjuang agar bangsa ini dapat hidup terhormat dalam kemajuan, kesejahteraan, dan keadilan.

Masalah dan tantangan pada masa revolusi dulu memang berbeda dengan zaman sekarang. Namun satu hal yang tidak boleh berubah ialah jiwa dan semangat sebagai pejuang yang tetap diperlukan sepanjang zaman.  Pembangunan bangsa memerlukan sikap kepahlawanan dan kegigihan serta keteladanan pemimpin, seperti yang dicontohkan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX ketika berperan dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada akhir sambutan, Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si mengajak untuk memperingati hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 ini dengan penuh rasa syukur dan semoga dapat menuntaskan misi yang terkandung dalam tema tersebut yaitu membangun NKRI yang satu dan bersatu.

Telah dibaca 25 kali

Tuliskan komentar/pertanyaan

Silahkan isikan komentar dan/atau pertanyaan Anda disini

Terbaru

4092360
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
396
1705
22609
46269

IP Anda: 54.198.212.30