Kamis, 13 September 2018 11:45

Kepala Biro Organisasi Setda DIY: Penyelenggara Negara diharapkan Mampu Mengatasi Permasalahan-Permasalahan Birokrasi di Daerah

Yogyakarta  –Birokrasi yang belum mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, banyaknya penyelewengan dan penyalahgunaan keuangan negara di berbagai instansi pemerintah dan infrastruktur yang belum memadai merupakan tiga masalah besar dalam pembangunan di Indonesia yang diungkap oleh Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Setda DIY), Bapak Drs. YB. Jarot Budi Harjo.

Hal itu disampaikan oleh beliau kepada peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan VIII Tahun 2018 pada hari Kamis, 13 September 2018 di Kampus Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY, Gunung Sempu, Tamantirto, Kasihan, Bantul saat menyampaikan ceramah tentang Transformasi Kepemimpinan Birokrasi.

Sebagai penyelenggara negara yang menjalankan fungsi eksekutif, legislatif, atau yudikatif dan pejabat lain yang fungsi dan tugas pokoknya berkaitan dengan penyelenggaraan negara, lanjut Bapak Jarot Budi Harjo, diharapkan mampu mengatasi permasalahan-permasalahan birokrasi di daerah seperti penerapan manajemen kinerja, kualitas pelayanan publik, dan inovasi pelayanan publik.

Dengan adanya permasalahan-permasalahan tersebut maka masyarakat menuntut adanya perubahan akan kebutuhan penyelenggara negara yang akan datang. Terdapat 8 area perubahan reformasi birokrasi yang perlu diperhatikan oleh penyelenggara negara: Mind set dan culture set, pengawasan, akuntabilitas, kelembagaan, tatalaksana, sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara, peraturan perundang-undangan, dan pelayanan publik.

Lebih jauh Bapak Jarot melanjutkan, kebijakan nasional dalam masalah penyelenggaraan negara diperlukan reformasi birokrasi. “Reformasi birorkasi secara makro ada delapan area perubahan, ini tentunya berlaku secara nasional hanya intensitas masing-masing daerah mungkin berbeda,” terangnya.

 

(Tim Peliput)

Telah dibaca 107 kali
Login to post comments

Terbaru

4174142
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
24
1263
15672
42652

IP Anda: 52.91.185.49