Senin, 03 September 2018 11:01

Penutupan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Angkatan I Tahun 2018

Yogyakarta – Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) Golongan II Angkatan I Tahun 2018 kerjasama Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dengan Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (Badan Diklat DIY) telah berakhir. Latsar CPNS Golongan II Angkatan I Tahun 2018 dimulai pada tanggal 10 April s.d. 3 September 2018 dengan peserta berjumlah 40 orang.

Penutupan dilaksanakan pada hari Senin, 3 September 2018 bertempat di Kampus Badan Diklat DIY, Gunung Sempu, Tamantirto, Kasihan, Bantul yang dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenkumham DIY, Bapak Drs. Gunarso, Bc.IP., Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham DIY, Bapak Adjar Anggono, SH., MH., Kepala Divisi Pemasyarakatan, Bapak Tedja Sukmana, Bc.IP., S.H., M.H., Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ibu Monica Dhamayanti, S.H., M.Si., Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta, Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta, Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Yogyakarta, Lapas IIB Sleman, Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta, Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Yogyakarta, Rutan Kelas IIB Bantul, Rutan Kelas IIB Wonosari, tamu undangan, pejabat struktural dan Widyaiswara dari Badan Diklat DIY.

Acara diawali dengan penyampaian kesan dan pesan oleh salah satu orang perwakilan peserta. Peserta Latsar CPNS Golongan II Angkatan I Tahun 2018 berterima kasih kepada Badan Diklat DIY atas pelayanan dan fasilitas yang disediakan selama latsar berlangsung juga kepada Wali Kelas, Widyaiswara, dan jajaran pegawai Badan Diklat DIY yang telah membantu memperlancar dan terlibat dalam pelaksanaan latsar

Kepala Badan Diklat DIY, Bapak Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si., melanjutkan dengan menyampaikan laporan penutupan. Dalam laporannya, Bapak Kuncoro Cahyo Aji menerangkan bahwa tujuan pelaksanaan Latsar CPNS Golongan II adalah untuk membentuk CPNS yang memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pelayan masyarakat yang baik. Selama Latsar dilaksanakan, peserta mendapatkan materi: agenda Sikap Perilaku Bela Negara, agenda Nilai-Nilai Dasar PNS, agenda Kedudukan dan Peran PNS dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan agenda Habituasi.

Penilaian terhadap kelulusan peserta Latsar CPNS Golongan II Angkatan I Tahun 2018, lanjut Bapak Kuncoro Cahyo Aji, difokuskan pada aspek Rancangan Aktualisasi dengan mempertimbangkan aspek sikap dan perilaku. Dan hasil evaluasi pada 40 orang peserta Latsar CPNS Golongan II Angkatan I Tahun 2018, sebanyak 40 orang dinyatakan LULUS dengan kualifikasi kelulusan: “Memuaskan” sebanyak 12 orang dan “Cukup Memuaskan” sebanyak 28 orang.

Berikut 5 (lima) peringkat terbaik peserta Latsar CPNS Golongan II Angkatan I Tahun 2018, berturut-turut sebagai berikut:

1.       Sabri Hari Iswanto dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Yogyakarta dengan predikat “Memuaskan

2.       Eliana Rahmawati dari Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta dengan predikat “Memuaskan

3.       Dhamar Adhi Susetyo dari Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta dengan predikat “Memuaskan

4.       Arda Marlin Cahya dari Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta dengan predikat “Memuaskan

5.       Dimas Ilham Nur Wicaksana dari Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta dengan predikat “Memuaskan

 

Bapak Gunarso dalam sambutannya menuturkan, bahwa pendidikan dan pelatihan dasar ini merupakan bagian dari pembangunan karakter dan juga pengembangan secara substansi untuk mewujudkan aparatur yang mampu bersikap dan berperilaku secara baik, berintegritas dan beretika demi mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat.

Di samping itu, pelatihan dasar ini juga dapat membawa dampak yang nyata bagi peningkatan kinerja ASN khususnya dalam pengembangan wawasan, pengetahuan, keterampilan dan pembentukan sikap mental agar terbentuk sosok ASN yang berintegritas dan dapat melaksanakan tugas, pokok, dan fungsinya.

“Saya berpesan kepada saudara-saudara agar bisa menjadi contoh di tengah masyarakat, mulai dari etika, tindakan dan perilaku, dan mengedepankan pelayanan prima kepada masyarakat dan memberikan solusi ketika menemukan kendala dalam menjalankan tugas di unit tugasnya masing-masing,” tutup Bapak Gunarso

 

(Tim Peliput)

Telah dibaca 240 kali
Login to post comments

Terbaru

4174142
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
24
1263
15672
42652

IP Anda: 52.91.185.49