Selasa, 21 Agustus 2018 12:07

Penutupan Diklat Manajemen Dasar Penanggulangan Bencana Tahun 2018

Yogyakarta – Pada hari Selasa, 21 Agustus 2018 dilaksanakan Penutupan Diklat Manajemen Dasar Penanggulangan Bencana Tahun 2018 di Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (Badan Diklat DIY).

Acara diawali dengan penyampaian kesan dan pesan oleh salah satu perwakilan peserta. Disampaikan bahwa, dengan diadakannya Diklat Manajemen Dasar Penanggulangan Bencana ini dapat menambah pengetahuan dan keterampilan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Daerah (Pemda) DIY dalam menghadapi bencana, karena di DIY rawan akan adanya ancaman bencana.

Plt. Kepala Sub Bidang Penyelenggaraan Diklat Teknis Fungsinoal, Bapak Wiluyo, SE., dalam laporan penutupan menjelaskan, tujuan dilaksanakannya Diklat Manajemen Dasar Penanggulangan Bencana adalah untuk mempersiapkan dan menyediakan sumber daya manusia ASN di Pemda DIY yang memiliki kompetensi (pengetahuan, keterampilan, dan sikap) dalam penanggulangan bencana. Sasarannya adalah ASN Pemda DIY dapat meningkatkan pemahaman tentang dasar manajemen bencana.

Evaluasi yang dilakukan terhadap peserta Diklat Manajemen Dasar Penanggulangan Bencana Tahun 2018, sebanyak 30 orang peserta dinyatakan LULUS SEMUA dengan kualifikasi kelulusan “Memuaskan” sebanyak 12 orang, “Baik Sekali” sebanyak 10 orang, dan “Baik” sebanyak 8 orang.

Berikut 5 peringkat terbaik Diklat Manajemen Dasar Penanggulangan Bencana Tahun 2018:

1.       Kudiyana, SKM., dari Dinas Kesehatan DIY

2.       Rini Sri Wahyuni, SE., MM., dari Biro Tata Pemerintahan Setda DIY

3.       Juwarti, ST., M.Si., dari Dinas Kelautan dan Perikanan DIY

4.       Retno Kusharjanti C., SP., MT., dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan DIY

5.       Rachmawati Retno Wulan, SH., dari Biro Hukum Setda DIY

 

Kepala Bidang Pengajaran, Bapak Drs. Sukasdi, MM., dalam sambutan Kepala Badan Diklat DIY menekankan, peran strategis Pemda dalam menangani dan menanggulangi bencana alam dan penyelamatan korban menjadi penting untuk menekan timbulnya kerugian materi dan korban jiwa yan cukup besar.

Diklat Manajemen Dasar Penanggulangan Bencana diselenggarakan guna meningkatkan kemampuan dan pengetahuan ASN Pemda DIY, sehingga diharapkan melalui diklat tersebut, mampu memberikan sumbang sih bagi masyarakat.

Di samping itu, melalui Diklat Manajemen Dasar Penanggulangan Bencana ASN Pemda DIY semakin profesional, kompak, dan terampil dalam menjalankan tugasnya yang mulia, khususnya terkait penanggulangan bencana.

 

(Tim Peliput)

Telah dibaca 73 kali

Tuliskan komentar/pertanyaan

Silahkan isikan komentar dan/atau pertanyaan Anda disini

Terbaru

4092356
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
392
1705
22605
46269

IP Anda: 54.198.212.30