Print halaman ini
Senin, 20 Agustus 2018 10:29

Pembukaan Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan II Tahun 2018

Yogyakarta – Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (Badan Diklat DIY) melaksanakan Pembukaan Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan II Tahun 2018 Pada hari Senin, 20 Agustus 2018.

Acara pembukaan yang dilaksanakan di Kampus Badan Diklat DIY, Gunung Sempu, Tamantirto, Kasihan, Bantul, dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah DIY, Ibu Dra. Kristiana Swasti, M.Si., Kepala Badan Diklat DIY diwakili oleh Kepala Bidang Pengajaran, Bapak Drs. Sukasdi, MM., tamu undangan dari instansi pengirim, pejabat struktural dan Widyaiswara Badan Diklat DIY.

Bapak Sukasdi, MM., mengawali dengan menyampaikan Laporan Pembukaan Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan II Tahun 2018. Bapak Sukasdi dalam laporannya menyebutkan, bahwa tujuan pelaksanaan Diklat Kepemimpinan Tingkat III adalah meningkatkan kompetensi kepemimpinan Pejabat Struktural Eselon III yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi pemerintahan di instansi masing-masing.

Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan II Tahun 2018 dilaksanakan mulai tanggal 19 Agustus s.d. 14 Desember 2018 di Kampus Badan Diklat DIY dengan sistem on class dan off class. Tahapan dalam Diklat Kepemimpinan Tingkat III meliputi: Tahap Diagnosa Kebutuhan Perubahan, Tahap Membangun Komitmen Bersama, Tahap Merancang Perubahan dan Membangun Tim, Tahap Laboratorium Kepemimpinan, dan Tahap Evaluasi.

Peserta diklat diikuti oleh sejumlah 40 orang peserta yang terdiri dari:

1.       Pemerintah Daerah DIY: 3 orang

2.       Pemerintah Kota Yogyakarta DIY: 8 orang

3.       Pemerintah Kabupaten Sleman DIY: 9 orang

4.       Pemerintah Kabupaten Bantul DIY: 7 orang

5.       Pemerintah Kabupaten Gunungkidul DIY: 2 orang

6.       Pemerintah Kabupaten Kulon Progo DIY: 3 orang

7.       Pemerintah Kabupaten Kebumen - Jawa Tengah: 2 orang

8.       Pemerintah Kabupaten Blitar - Jawa Timur: 4 orang

9.       Pemerintah Kabupaten Sambas - Kalimantan Barat: 2 orang

10.   Pemerintah Kabupaten Tebo - Jambi: 4 orang.

 

Dalam sambutan Sekretaris Daerah DIY, Ibu Kristiana Swasti menyampaikan, bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai aparatur pemerintah memiliki peran yang sangat strategis dalam mengemban tugas pemerintahan dan pembangunan, dengan demikian setiap PNS dituntut memiliki kompetensi sesuai dengan tuntutan jabatan, tugas pokok dan fungsinya.

Untuk menciptakan aparatur yang memiliki kompetensi, lanjut Ibu Kristiana Swasti, diperlukan peningkatan mutu profesionalisme melalui diklat jabatan yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari usaha pembinaan PNS.

Dalam diklat kepemimpinan pola baru, materi pembelajaran dirancang untuk meningkatkan kemampuan leadership bureaucracy di sektor publik. Kemampuan tersebut dikembangkan terutama untuk membekali para pemimpin-pemimpin sektor publik dalam memimpin proses perubahan di instansinya.

“Saya berharap, agar saudara-saudara di dalam mengikuti diklat kepemimpinan ini dapat menyerap semua materi yang disajikan oleh Widyaiswara dan instruktur, sehingga diharapkan ilmu yang diperoleh tersebut dapat diimplementasikan di instansi masing-masing dan akan terjadi peningkatan kualitas kinerja ke arah yang lebih baik,” tutup Ibu Kristiana Swasti.

 

(Tim Peliput)

Telah dibaca 166 kali