Kamis, 16 Agustus 2018 12:17

Penutupan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan III Tahun 2018

Yogyakarta – Pada hari Kamis, 16 Agustus 2018 Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (Badan Diklat DIY) melaksanakan penutupan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan III Tahun 2018.

Acara penutupan dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Pemerintahan, dan Politik, Bapak Drs. H. Umar Priyono, M.Pd., tamu undangan dari instansi pengirim, pejabat struktural, dan Widyaiswara Badan Diklat DIY.

Salah satu perwakilan peserta mengawali dengan menyampaikan pesan dan kesan. Dalam pesan dan kesan yang disampaikan, dijelaskan bahwa pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh selama mengikuti diklat, terutama materi-materi yang diberikan oleh Widyaiswara, membantu peserta dalam menyusun agenda perubahan dan mengimplementasikannya di instansi.

Paparan kedua disampaikan oleh Ibu Ismawati Retno Wigiarti, S.IP., MA., dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta dengan Proyek Perubahan “ALEKSA (Ada Koleksi Lokal Konten Yogyakarta)”

Kepala Badan Diklat DIY, Bapak Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si., dalam laporan penutupan menyampaikan evaluasi terhadap peserta. Beliau menjelaskan bahwa penilaian terhadap kelulusan peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV difokuskan pada aspek proyek perubahan dengan mempertimbangkan aspek sikap dan perilaku.

Setelah dilakukan evaluasi kelulusan, peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan III Tahun 2018 dinyatakan LULUS 40 orang dengan kualifikasi kelulusan: “Memuaskan” sebanyak 22 orang dan “Cukup Memuaskan” sebanyak 18 orang.

Berikut daftar 8 (delapan) peringkat terbaik Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan III Tahun 2018, berturut-turut sebagai berikut:

1.      Ismawati Retno Wigiarti, S.IP., MA., dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta dengan judul proyek perubahan: ALEKSA (Ada Koleksi Lokal Konten Yogyakarta)

2.    Ita Kurniawati, S.IP., MPA., dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman dengan judul proyek perubahan: Integrasi Pelayanan Akta Kelahiran Berbasis SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) dengan RSUD Sleman di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman

3.     Yudi Kristianto, ST. dari Kantor Pelayanan Pajak Daerah Kota Yogyakarta Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset DIY dengan judul proyek perubahan: Informasi Pajak Kendaraan Bermotor Berbasis Android (infopkbdiy)

4.    R. Sunarko Slamet, dr. dari Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Unit Puskesmas Alian Kebumen dengan judul proyek perubahan: DARTI MANIS MENTAS KALI (Darah Tinggi Kencing Manis Ditangani secara Tuntas di Kecamatan Alian)

5.    Uskar Yulianto, dr. dari Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Unit Puskesmas Buayan Kebumen dengan judul proyek perubahan: GARDU SEHAT (Gerakan Hidup Sehat Berbasis Pendekatan Keluarga)

6.   Heri Purnomo, drs. dari Balai Latihan Pendidikan Teknik Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY dengan judul proyek perubahan: PENI PENATU PRO JAS PITU di BLPT Yogyakarta (Peningkatan Pendapatan Unit Produksi dan Jasa Seksi Sipil dan Furniture di Balai Latihan Pendidikan Teknik Yogyakarta)

7.    Cynthia Yulita Wardayanti, SE., MBA. dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dengan judul proyek perubahan: Kiss De’ Aline (Klinik Sains dengan Metode Klasikal dan Online menggunakan KBS Online)

8.    Pansunu Perwitasari, SE., MPA. dari RSUD Kota Yogyakarta dengan judul proyek perubahan: PANCEN OKE si MAS jo (Penanganan Aduan Keluhan secara Online dan Ora Kesuwen di Rumah Sakti Jogja)

 

Laporan penutupan dilanjutkan dengan pelepasan tanda peserta dan penyerahan sertifikat kelulusan dan sambutan Bapak Umar Priyono.

Bapak Umar Priyono saat menyampaikan sambutan menjelaskan, bahwa jika prosentasi kualifikasi kelulusan dengan predikat “Memuaskan” tiap angkatan cukup banyak, maka tentunya itu akan berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) sendiri.

Lebih jauh, Bapak Umar Priyono melanjutkan, bahwa video yang dibuat oleh peserta dalam menjelaskan agenda perubahannya perlu diunggah ke youtube, agar semakin membuka wawasan publik bahwa ada agenda-agenda perubahan yang dilakukan oleh aparat birokrasi.

“Pentingnya di era serba IT, kita manfaatkan peluang yang ada untuk membangun kinerja kita secara kolegial,” tegas Bapak Umar Priyono.

Mengakhiri sambutannya, Bapak Umar Priyono mengucapkan selamat kepada semua pihak, baik penyelenggara yang telah menyelenggarakan diklat, kepada para peserta agar melakukan apa yang perlu dilakukan untuk melanjutkan agenda perubahannya, dan kepada instansi pengirim yang telah mengirimkan ASN untuk mengikuti diklat di Badan Diklat DIY.

 

(Tim Peliput)

Telah dibaca 131 kali
Login to post comments

Terbaru

4174142
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
24
1263
15672
42652

IP Anda: 52.91.185.49