Senin, 13 Agustus 2018 10:30

Pembukaan Diklat Diklat Pengkaderan Jabatan Administrator Tahun 2018

Yogyakarta – Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (Badan Diklat DIY) pada hari Senin, 13 Agustus 2018 melaksanakan pembukaan Diklat Pengkaderan Jabatan Adminstrator Tahun 2018 yang dihadiri oleh Asisten Adminstrasi Umum Sekretaris Daerah DIY, Ibu Dra. Kristiana Swasti, M.Si.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Pengajaran, Bapak Drs. Sukasdi, MM., yang mewakili Kepala Badan Diklat DIY menjelaskan bahwa tujuan penyelengggaraan diklat adalah untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia  Pemerintah Daerah DIY di bidang Manajemen Pemerintah, Perencanaan Pembangunan Daerah, Manajemen Keuangan, dan Keistimewaan Yogyakarta, serta pemahaman tentang dinamika Aparatur Sipil Negara (ASN) kekinian sehingga siap dan mampu menjadi calon pejabat struktural pada level adminstrator.

Sementara sasarannya adalah meningkatkan kapasitas SDM Pemda DIY di bidang Manajemen Pemerintah, Perencanaan Pembangunan Daerah, Manajemen Keuangan, dan Keistimewaan Yogyakarta.

Diklat Pengkaderan Jabatan Adminstrator Tahun 2018 dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus s.d. 26 Oktober 2018 selama 25 hari kerja dengan sistem on class dan off class dengan peserta berasal dari Pemerintah Daerah DIY yang telah lolos sistem talent pool sebanyak 30 orang.

Ibu Kristiana Swasti dalam sambutannya menyampaikan, bahwa peserta dalam Diklat Pengkaderan Jabatan Adminstrator ini merupakan orang-orang terpilih yang telah lolos seleksi saat proses assesment.

“Bapak dan Ibu orang-orang terpilih yang telah menyisihkan banyak orang agar bisa ikut diklat pengkaderan ini,” ucap Ibu Kristiana Swasti.

Diklat Pengkaderan Jabatan Administrator, lanjut Ibu Kristiana Swasti, merupakan bagian dari proses untuk menyediakan calon-calon pejabat Eselon 3 atau pejabat administrator. Lebih jauh beliau menjelaskan, bahwa Pemda DIY sedang berproses mengimplementasikan sistem manajemen yang berbasis kepada kompetensi atau yang dikenal dengan manajemen tallent.

Salah satu ciri manajemen talent adalah tersedianya tallent pool. “Prosesnya diawali dari assesment centre dan tidak hanya itu saja, tetapi peserta pada diklat ini dilihat kinerja nyata di instansinya masing-masing, track recordnya juga dilihat,” tegas Ibu Kristiana Swasti.

Dengan diselenggarakannya Diklat Pengkaderan Jabatan Administrator Tahun 2018 ini, diharapkan dapat menghasilkan sumber daya aparatur yang memenuhi standar kualifikasi untuk jabatan administrator.

 

(Tim Peliput)

Telah dibaca 100 kali

Tuliskan komentar/pertanyaan

Silahkan isikan komentar dan/atau pertanyaan Anda disini

Terbaru

4092347
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
383
1705
22596
46269

IP Anda: 54.198.212.30