Rabu, 01 Agustus 2018 11:50

Pembukaan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan VIII Tahun 2018

Yogyakarta – Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan VIII Tahun 2018 telah dibuka oleh Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Bapak Moedji Rahardjo, SH., M.Hum., di Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (Badan Diklat DIY) pada hari Rabu, 1 Agustus 2018.

Turut hadir dalam acara pembukaan diklat, tamu undangan dari instansi pengirim, pejabat struktural dan Widyaiswara Badan Diklat DIY. Kepala Bidang Kepesertaan dan Perpustakaan, Bapak Drs. Wiryawan Sudianto, M.Si., mewakili Kepala Badan Diklat DIY, mengawali dengan menyampaikan laporan pembukaan.

Dalam laporan disebutkan, bahwa tujuan penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV adalah untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional pada pejabat struktural Eselon IV yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansi masing-masing.

Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan VIII Tahun 2018 dilaksanakan mulai tanggal 31 Juli s.d. 4 Desember 2018 di Kampus Badan Diklat DIY dengan sistem on class dan off class. Tahapan dalam Diklat Kepemimpinan Tingkat IV meliputi: Tahap Diagnosa Kebutuhan Perubahan, Tahap Membangun Komitmen Bersama, Tahap Merancang Perubahan dan Membangun Tim, Tahap Laboratorium Kepemimpinan, dan Tahap Evaluasi.

Peserta diklat diikuti oleh sejumlah 40 orang peserta yang terdiri dari:

1.       Pemerintah Daerah DIY: 6 orang

2.       Pemerintah Kota Yogyakarta DIY: 7 orang

3.       Pemerintah Kabupaten Sleman DIY: 4 orang

4.       Pemerintah Kabupaten Bantul DIY: 7 orang

5.       Pemerintah Kabupaten Gunungkidul DIY: 3 orang

6.       Pemerintah Kabupaten Kulon Progo DIY: 5 orang

7.       Pemerintah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah: 2 orang

8.       Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah: 6 orang

 

Dalam sambutan Sekretaris Daerah DIY, Bapak Moedji Rahardjo menjelaskan, bahwa mengikuti diklat tidak hanya sekedar memperoleh teori ilmu semata, tetapi bagaimana teori tersebut benar-benar relevan untuk diterapkan dan diimplementasikan di tempat kerja masing-masing.

Lebih jauh lagi, beliau menegaskan, dampak terhadap diklat ini khususnya adalah penguatan integritas diri, integritas lingkungan, dan integritas bangsa melalui internalisasi nilai-nilai perjuangan, kebangsaan, dan patriotisme antar peserta yang berasal dari seluruh daerah.

“Bapak Ibu sekalian diharapkan mampu menjadi generasi pemimpin dan agen perubahan yang bisa meningkatkan kualitas birokrasi dan mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi di Indonesia,” tutur Bapak Mordji Rahardjo.

Dalam pelaksanaan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV, peserta diharapkan dapat membawa dampak nyata bagi peningkatan kinerja melalui penambahan wawasan, pengetahuan, dan pembentukan sikap mental pemimpinan perubahan.

 

(Tim Peliput)

Telah dibaca 56 kali

Tuliskan komentar/pertanyaan

Silahkan isikan komentar dan/atau pertanyaan Anda disini

Terbaru

4092336
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
372
1705
22585
46269

IP Anda: 54.198.212.30