Sabtu, 04 Agustus 2018 12:30

Penutupan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan I Tahun 2018

Yogyakarta – Penutupan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan I Tahun 2018 dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 Agustus 2018 di Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (Badan Diklat DIY), Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Pemerintahan, dan Politik, Bapak Drs. H. Umar Priyono, M.Pd., hadir dalam kesempatan tersebut mewakili Sekretaris Daerah DIY untuk menutup diklat.

Turut hadir dalam penutupan diklat, para tamu undangan dari instansi pengirim, pejabat struktural dan Widyaiswara Badan Diklat DIY. Acara diawali dengan penyampaian kesan dan pesan oleh salah satu orang perwakilan peserta. Dalam kesan dan pesan yang disampaikan, para peserta mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah DIY, khususnya Badan Diklat DIY yang telah memberikan kesempatan kepada para peserta untuk mengembangkan kapasitas sebagai Aparatur Sipil Negara, khususnya dalam pengembangan inovasi dan kepemimpinan.

Acara dilanjutkan dengan paparan oleh 2 (dua) orang peserta terbaik yang dimulai oleh Ibu Erni Rahayu, SKM., dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah dengan Proyek Perubahan “Layanan Koper IMB (Konsultasi dan Penertiban Izin Mendirikan Bangunan) sebagai Bentuk Pelayanan Jemput Bola IMB di Kabupaten Kebumen”.

Paparan kedua disampaikan oleh Ibu Arie Mujahadah, S.IP., dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul dengan Proyek Perubahan “SMART ON (Sistem Pemutakhiran Data Kependudukan Secara Online) untuk Akurasi Data Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul”

Kepala Badan Diklat DIY, Bapak Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si., dalam laporan penutupan menyampaikan evaluasi terhadap peserta. Beliau menjelaskan bahwa penilaian terhadap kelulusan peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV difokuskan pada aspek proyek perubahan dengan mempertimbangkan aspek sikap dan perilaku.

Setelah dilakukan evaluasi kelulusan, peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan I Tahun 2018 dinyatakan LULUS 40 orang dengan kualifikasi kelulusan: “Memuaskan” sebanyak 17 orang, “Cukup Memuaskan” sebanyak 22 orang, dan “Kurang Memuaskan” sebanyak 1 orang.

Berikut daftar 8 (delapan) peringkat terbaik Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan I Tahun 2018, berturut-turut sebagai berikut:

1.       Arie Mujahadah, S.IP., dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul dengan judul proyek perubahan: SMART ON (Sistem Pemutakhiran Data Kependudukan Secara Online) untuk Akurasi Data Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul

2.       Erni Rahayu, SKM., dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kebumen dengan judul proyek perubahan: Layanan Koper IMB (Konsultasi dan Penertiban Izin Mendirikan Bangunan) sebagai Bentuk Pelayanan Jemput Bola IMB di Kabupaten Kebumen

3.       Widaningsih, SKM., MPH., dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluaga Berencana Kabupaten Sleman dengan dengan judul proyek perubahan: LANTERA ZIMANJA (Perlindungan Anak terhadap Gizi dan Keamanan Jajanan Anak Sekolah)

4.       Arifah Wulansari, SKM., dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dengan judul proyek perubahan: SIPINTER (Sistem Informasi Pembayaran Pasien Berbasis Komputer) untuk Pengelolaan Pendapatan yang Akuntabel, Transparan, Modern, dan Profesional di UPT Puskesmas Sewon I

5.       Raden Rara Dian Astuti, S.IP., M.Si., dari Dinas Kominfo dan Persandian Kota Yogyakarta dengan judul proyek perubahan: SMARTA untuk Jogja Smart City – Sebuah Sistem Informasi Smart Statistik di Kota Yogyakarta

6.       Agnes Dwi Astuti Karuniatun, ST., dari Dinas Kominfo DIY dengan judul proyek perubahan: Peningkatan Keamanan Informasi melalui Implementasi Single Sign On (SSO) untuk mengakses Internet Pemda DIY di Kompleks Kepatihan

7.       Ery Murniasih, S.IP., dari Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bantul dengan judul proyek perubahan: SIPANDU TERPANA (Sistem Informasi Posyandu – Terpadu Sederhana)

8.       Dina Rosemaryati, SE., MM dari Satuan Polisi Pamong Praja dari Kabupaten Sleman dengan judul proyek perubahan: Metode Pembobotan (Weighting Method) dalam Penghitungan Target Fisik dan Realisasi Fisik untuk Meningkatkan Kinerja Pengendalian, Evaluasi, dan Pelaporan di Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sleman

 

Laporan penutupan dilanjutkan dengan pelepasan tanda peserta dan penyerahan sertifikat kelulusan dan sambutan Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Pemerintahan, dan Politik, Bapak Drs. H. Umar Priyono, M.Pd.,

Bapak Umar Priyono menyampaikan bahwa pendidikan dan pelatihan merupakan penanda bahwa peserta telah melampui salah satu persyaratan sebagai pejabat struktural, maka diharapkan prestasi tersebut juga bermanfaat bagi kepentingan publik nantinya.

Beliau melanjutkan, peserta dalam mengikuti kegiatan diklat, harus membuat karya yang konkrit, bukan sekedar karya teoritis yang tidak diimplementasikan. “Adanya proyek perubahan itu benar-benar memiliki signifikansi terhadap pelayanan publik, maka lambat laun, percayalah kita yang bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara akan mendapatkan banyak kepercayaan dari masyarakat,” tegas Bapak Umar Priyono.

 

(Tim Peliput)

Telah dibaca 85 kali

Tuliskan komentar/pertanyaan

Silahkan isikan komentar dan/atau pertanyaan Anda disini

Terbaru

4092322
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
358
1705
22571
46269

IP Anda: 54.198.212.30