Rabu, 25 Juli 2018 08:30

Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan I Tahun 2018

Yogyakarta – Kementerian Hukum dan HAM bekerjasama dengan Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (Badan Diklat DIY), melaksanakan pembukaan Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III Angkatan I Tahun 2018 pada hari Rabu, 25 Juli 2018 di Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPSDMP) Dinas Pertanian DIY.

Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenkumham DIY, Bapak Drs. Gunarso, Bc.IP., Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DIY, Bapak Adjar Anggono, SH., MH., Kepala-Kepala Unit Pelaksana Teknis jajaran Kanwil Kemenkumhan DIY, tamu undangan dan Widyaiswara dari Badan Diklat DIY.

Latsar CPNS Golongan III Angkatan I Tahun 2018 dilaksanakan mulai tanggal 24 Juli s.d. 1 Desember 2018 dengan peserta berjumlah 28 orang yang berasal dari:

1.       Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta: 8 orang

2.       Balai Pemasyarakatan Kelas I Yogyakarta: 7 orang

3.       Balai Pemasyarakatan Kelas II Wonosari: 7 orang

4.       LPKA Kelas II Yogyakarta: 2 orang

5.       LPP Kelas II B Yogyakarta: 2 orang

6.       Rutan Kelas II B Bantul: 2 orang

 

Tujuan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan I Tahun 2018 seperti yang disampaikan oleh Kepala Badan Diklat DIY, Bapak Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si., adalah untuk membentuk CPNS yang memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pelayan masyarakat yang baik.

Materi Latsar CPNS Golongan III terdiri dari Agenda Sikap Perilaku Bela Negara, Agenda Nilai-Nilai Dasar PNS, Agenda Kedudukan dan Peran PNS dalam NKRI, dan Agenda Habituasi.

Dalam sambutannya Bapak Gunarso menjelaskan kepada para peserta, bahwa pelatihan dasar ini dilaksanakan dalam rangka untuk membangun pola pikir peserta agar mampu menjadi pelayan publik yang profesional.

“Saudara-saudara diharapkan dapat memahami nilai-nilai dasar ASN yaitu meliputi nasionalisme, etika pelayan publik, komitmen mutu, dan antikorupsi, dan ini wajib diikuti oleh CPNS yang salah satu tujuannya adalah untuk membentuk mental yang baik bagi para CPNS,” tegas Bapak Gunarso.

Lebih jauh Bapak Gunarso menerangkan, tantangan ASN saat ini semakin berat, untuk itu dibutuhkan ASN yang memiliki kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosiokultural.

Di samping itu, ASN juga dituntut untuk memiliki sikap disiplin dan bekerja keras yang diharapkan sikap-sikap tersebut dapat diterapkan di lingkungan kantor maupun di tengah masyarakat.

“Manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya ilmu pengetahuan dan keterampilan yang saudara-saudara peroleh selama diklat ini, jadikanlah diklat ini sebagai kesempatan belajar mengubah saudara-saudara untuk menjadi ASN yang disipilin, jujur, loyal, beretika dan bertanggung jawab,” tutup Bapak Gunarso.

 

(Tim Peliput)

Telah dibaca 141 kali

Tuliskan komentar/pertanyaan

Silahkan isikan komentar dan/atau pertanyaan Anda disini

Terbaru

4092329
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
365
1705
22578
46269

IP Anda: 54.198.212.30