Selasa, 24 Juli 2018 09:37

Penutupan Diklat Ideologi Pancasila, Wawasan Kebangsaan, dan Keistimewaan DIY Angkatan II Tahun 2018

Yogyakarta – Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (Badan Diklat DIY) melaksanakan acara Penutupan Diklat Ideologi Pancasila, Wawasan Kebangsaan, dan Keistimewaan DIY Angkatan II Tahun 2018 pada hari Selasa, 24 Juli 2018 di Kampus Badan Diklat DIY, Gunung Sempu, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

Salah satu orang perwakilan peserta mengawali dengan menyampaikan pesan dan kesannya selama mengikuti kegiatan diklat. Disampaikan bahwa, para peserta mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara dan juga kepada widyaiswara yang telah membina, membimbing, dan melayani sehingga peserta merasa nyaman mengikuti diklat. Dengan mengikuti diklat, peserta berkomitmen sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), bekerja semakin giat, transparansi, dan akuntabel dalam bekerja.

Kepala Subbidang Penyelenggaraan Diklat Teknis Fungsional, Bapak Redy Hartanto, SE., melanjutkan dengan menyampaikan laporan penyelenggaraan. Dalam laporannya, beliau menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan diklat adalah (1) untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan ASN dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya; (2) menciptakan ASN yang mempunyai bekal dasar pemahaman Ideologi Pancasila, Wawasan Nusantara (Kebangsaan), dan Keistimewaan Yogyakarta dalam melaksanakan tugas di instansi Pemda DIY; (3) menciptakan kesamaan visi dalam membangun Pemda yang berwawasan kebangsaan, menjiwai ideologi Pancasila, dan Keistimewaan Yogyakarta.

Sasaran yang hendak dicapai adalah ASN yang berkarakter dan berintegritas serta mempunyai kemampuan berpikir, merumuskan, dan melaksanakan tugas-tugasnya dalam Pemda DIY. Bapak Redy Hartanto melanjutkan, diklat yang dilaksanakan mulai pada tanggal 25 Juni s.d. 24 Juli 2018 dengan sistem on class dan off class, diikuti sebanyak 30 orang peserta yang berasal dari Pemerintah Daerah DIY. Setelah menyelesaikan seluruh proses pembelajaran, Seminar Kertas Kerja Individu (KKI), dan ujian komprehensif, panitia penyelenggaraan melakukan evaluasi kepada peserta.

Peserta Diklat Ideologi Pancasila, Wawasan Kebangsaan, dan Keistimewaan DIY Angkatan II Tahun 2018, sebanyak 30 orang dinyatakan lulus semua dengan kualifikasi kelulusan “Baik Sekali” sebanyak 27 orang dan kualifikasi “Baik” sebanyak 3 orang.

Berikut 5 peringkat terbaik Diklat Ideologi Pancasila, Wawasan Kebangsaan, dan Keistimewaan DIY Angkatan II Tahun 2018:

1.       Heny Fatmawati, SKM., dari Dinas Kesehatan DIY dengan predikat “Baik Sekali”

2.       Subakir, S.Sos., dari Dinas Sosial DIY dengan predikat “Baik Sekali”

3.       Ir. Totok Teguh Santosa, MMA., dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan DIY dengan predikat “Baik Sekali”

4.       Bimo Wicaksanengoyo, S.Psi., dari Badan Kepegawaian Daerah DIY dengan predikat “Baik Sekali”

5.       Wismandari Harimurti, S.Pd., dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY dengan predikat “Baik Sekali”

 

Kepala Badan Diklat DIY, Bapak Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si., dalam sambutannya menjelaskan, Pancasila adalah dasar dan falsafah negara, sekaligus alat pemersatu bangsa. Pancasila juga menjadi “ruh” penggerak bangsa dalam menapaki setiap tantangan zaman, maka nilai-nilai yang terkandung dalam kelima sila Pancasila harus menjadi realitas bangsa.

Lebih jauh, Bapak Kuncoro Cahyo Aji menjelaskan, DIY memiliki banyak predikat seperti sebagai kota budaya, kota pelajar, kota pariwasata, dan lain-lain sehingga menjadikan kota Yogyakarta tujuan orang dari berbagai daerah datang baik untuk belajar, berekreasi, maupun bertempat tinggal sehingga berdampak pada tingkat keberagaman masyarakat yang tinggi.

Selain menyelenggarakan pemerintahan yang bersih dan melayani, Pemda DIY, lanjut Bapak Kuncoro Cahyo Aji, juga dituntut untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang semakin hari semakin komplek, mengemban nilai-nilai budaya dan mengelola keberangaman yang ada.

Oleh karena itu, diperlukan sebuah pemantapan wawasan dan pengetahuan tentang ideologi Pancasila, wawasan nusantara (kebangsaan) dan Keistimewaan DIY melalui sebuah pendidikan dan pelatihan bagi ASN.

“Diklat Ideologi Pancasila, Wawasan Kebangsaan, dan Keistimewaan DIY mengajak para ASN untuk berpartisipasi aktif memikirkan, merumuskan, dan melaksanakan pembangunan daerah yang memiliki karakter dan penjiwaan Pancasila, Wawasan Kebangsaan, dan Keistimewaan DIY,” tutup Bapak Kuncoro Cahyo Aji.

 

(Tim Peliput)

Telah dibaca 130 kali

Tuliskan komentar/pertanyaan

Silahkan isikan komentar dan/atau pertanyaan Anda disini

Terbaru

4092418
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
454
1705
22667
46269

IP Anda: 54.198.212.30