Senin, 25 Juni 2018 18:54

Pembukaan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan VI Tahun 2018

Yogyakarta – Pada hari Senin, 25 Juni 2018 bertempat di Kampus Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (Badan Diklat DIY), Gunung Sempu, Tamantirto, Kasihan, Bantul, dilaksanakan acara pembukaan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan VI Tahun 2018.

Acara pembukaan dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Pemerintahan, dan Politik, Bapak Drs. H. Umar Priyono, M.Pd., Kepala Badan Diklat DIY, Bapak Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si., tamu undangan dari instansi pengirim, pejabat struktural dan Widyaiswara Badan Diklat DIY.

Bapak Kuncoro Cahyo Aji mengawali acara pembukaan diklat dengan membacakan laporan Pembukaan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan VI Tahun 2018. Tujuan penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV, jelas Bapak Kuncoro Cahyo Aji, adalah untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional pada pejabat struktural Eselon IV yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansi masing-masing.

Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan VI Tahun 2018 dilaksanakan mulai tanggal 24 Juni s.d. 27 Oktober 2018 di Kampus Badan Diklat DIY dengan sistem on class dan off class. Tahapan dalam Diklat Kepemimpinan Tingkat IV meliputi: Tahap Diagnosa Kebutuhan Perubahan, Tahap Membangun Komitmen Bersama, Tahap Merancang Perubahan dan Membangun Tim, Tahap Laboratorium Kepemimpinan, dan Tahap Evaluasi.

Peserta diklat diikuti oleh sejumlah 40 orang peserta yang terdiri dari:

1.       Pemerintah Daerah DIY: 6 orang

2.       Pemerintah Kota Yogyakarta DIY: 5 orang

3.       Pemerintah Kabupaten Sleman DIY: 4 orang

4.       Pemerintah Kabupaten Bantul DIY: 7 orang

5.       Pemerintah Kabupaten Kulon Progo DIY: 4 orang

6.       Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara: 10 orang

7.       Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah: 4 orang

 

Bapak Umar Priyono dalam sambutannya menjelaskan, bahwa Diklat Kepemimpinan Tingkat IV dirancang sedemikian rupa untuk menggenapi dua hal, yaitu hardskill dan softskill bagi para peserta untuk membentuk kepemimpinan.

Rancang bangun Diklat Kepemimpinan Tingkat IV saat ini (Diklat Kepemimpinan pola baru), lanjut Bapak Umar Priyono, berubah dibandingkan dengan sebelumnya dan perubahan itu sangat mendasar. Peserta diklat pada Diklat Kepemimpinan Tingkat IV disiapkan untuk menjadi  seorang pemimpin yang mampu beradaptasi dengan baik terhadap perubahan di sekitarnya.

Lebih jauh, Bapak Umar Priyono menegaskan, bahwa Badan Diklat DIY telah mempersiapkan tenaga penceramah, widyaiswara, pengajar, dan fasilitator yang berkompeten untuk membantu para peserta dalam meningkatkan kompetensi kepemimpinannya.

“Tidak diragukan lagi sekarang ini challenge atau tantangan terhadap birokrasi semakin kompleks, sehingga rasanya tidak cukup apa yang sekarang ini sama-sama kita miliki untuk menduduki  posisi sebagai pejabat publik. Oleh karena itu perlu inovasi, kreativitas, dan terobosan-terobosan dalam rangka merespon berbagai tuntutan, tidak hanya tuntutan dari masyarakat tetapi juga tuntutan dari teknologi ataupun tuntutan dari pimpinan instansi, ” tutup Bapak Umar Priyono.

 

(Tim Peliput)

Telah dibaca 179 kali

Tuliskan komentar/pertanyaan

Silahkan isikan komentar dan/atau pertanyaan Anda disini

Terbaru

4008458
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
1054
1164
28000
47946

IP Anda: 54.198.195.11