Sabtu, 28 April 2018 12:20

Kepala Biro Organisasi Setda DIY Memberikan Ceramah kepada Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan II Tahun 2018

Yogyakarta – Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Bapak Drs. YB. Jarot Budi Harjo menyampaikan ceramah tentang Transformasi Kepemimpinan Birokrasi kepada peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan II Tahun 2018 pada hari Sabtu, 28 April 2018 bertempat di Kampus Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta, Gunung Sempu, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

Bapak Jarot Budi Harjo menjelaskan, bahwa terdapat 3 masalah besar dalam pembangunan di Indonesia. Pertama adalah birokrasi, menurut beliau, kondisi birokrasi di Indonesia masih gemuk, lamban, dan belum profesional, ditambah lagi belum mampu memberikan pelayanan prima pada masyarakat dan investor.

Kedua adalah masalah korupsi. Banyaknya penyelewengan dan penyalahgunaan keuangan negara di berbagai instansi pemerintah yang berhasil diungkap oleh Aparatur Penegak Hukum dan hasil survei tentang korupsi yang masih memprihatinkan.

Masalah ketiga adalah infrastruktur yang masih belum memadai dan kurangnya anggaran untuk pembangunan dan pemeliharaan. Namun dengan adanya percepatan pembangunan di pemerintahan yang sekarang masalah infrastruktur hendak diperbaiki.

Sementara untuk permasalahan birokrasi yang muncul di daerah, Bapak Jarot Budi Harjo menyebutkan diantaranya: kurang baiknya rasio belanja pegawai, penerapan manajemen kinerja, kualitas pelayanan publik, penataan kelembagaan, inovasi pelayanan publik, pengelolaan pengaduan masyarakat, peningkatan pengawasan, dan pengelolaan Sumber Daya Aparatur.

Dengan semakin berkembangnya jaman, maka tuntutan kebutuhan penyelenggara negara semakin tinggi. Tuntutan kebutuhan penyelenggara negara yang akan datang, lanjut Bapak Jarot Budi Harjo, diharapkan memperhatikan unsur: kepastian hukum, integritas dan tertib penyelenggaraan negara, kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalitas, profesionalitas, dan akuntabilitas.

Maka untuk memenuhi tuntutan tersebut maka sifat-sifat yang harus dimiliki oleh penyelenggara negara antara lain: berwawasan internasional, menguasai Teknologi Informasi, jiwa entrepreneurship, semangat sebagai pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi birokrasi, high collaboration dan networking, melayani dengan sepenuh hati dan iklas, dan menguasai bahasa asing.

 

(Tim Peliput)

Telah dibaca 59 kali
Login to post comments

Terbaru

3895615
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
890
974
26408
53370

IP Anda: 54.224.151.24