Senin, 23 April 2018 17:45

Asisten Administrasi Umum Sekda DIY Menyampaikan Ceramah kepada Peserta Diklat Pim IV Angkatan I Tahun 2018

Yogyakarta – Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Sekda DIY), Ibu Dra. Kristiana Swasti, M.Si., memberikan ceramah tentang Membangun Tim Kreatif kepada peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan I Tahun 2018.

Ceramah disampaikan pada hari Senin, 23 April 2018 di Kampus Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (Badan Diklat DIY), Gunung Sempu, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

Dalam ceramahnya, Ibu Kristiana Swasti menjelaskan, Pegawai Negeri Sipil (PNS) terdiri dari struktural, fungsional umum, dan fungsional tertentu yang masing-masing jabatan terwadahi dalam struktur organisasi instansi yang masing-masing mempunyai tugas dan fungsi.

Tugas dan fungsi tersebut, lanjut beliau, dilaksanakan oleh semua pemegang jabatan dalam suatu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan tim kerja. Tim kerja yang dimaksud adalah tim kerja yang memang berada dalam suatu SKPD yang sifatnya tetap dan tim kerja yang merupakan lintas SKPD yang bersifat sementara.

Untuk menghasilkan hasil kerja yang produktif, efisien, dan berkualitas maka SKPD menentukan bentuk kerja yang dirasa tepat membantu SKPD mencapai apa yang telah ditetapkan dan salah satu bentuk kerja tersebut yaitu membentuk tim kerja (teamwork).

Menurut Ibu Kristiana Swasti, tim kerja mampu bekerja secara bersama-sama dan menjalankan tugas dan fungsi dengan baik sehingga dalam memecahkan masalah lebih cepat, lebih fleksibel juga lebih tanggap. “Kerjasama dalam tim menjadi salah satu karakteristik dari instansi yang memiliki kinerja tinggi, apalagi sekarang ada kebijakan money follow program,” tegas Ibu Kristiana Swasti.

Lebih jauh, Ibu Kristiana Swasti menerangkan, tim kerja efektif yang telah terbentuk memiliki karakteristik: punya tujuan dan sasaran yang jelas atas dasar komitmen bersama, pembagian peran kepemimpinan berdasarkan keahlian, anggota tim mendukung keputusan, prosedur, dan pengawasan yang dibuat secara bersama-sama, kegiatan tim tidak hanya berfokus pada hasil tetapi juga proses, tim punya kemampuan untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan dengan baik, seluruh anggota tim diberi akses untuk mengambil inisiatif tanpa rasa takut terhadap perbedaan pendapat, dan kemampuan untuk berhubungan dengan lingkungan kerjanya dengan  baik.

 

(Tim Peliput)

Telah dibaca 128 kali
Login to post comments

Terbaru

4059946
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
2
1869
36464
43024

IP Anda: 54.198.205.153