Rabu, 04 April 2018 09:41

Wakil DPRD DIY Memberikan Ceramah Pilar-Pilar Kebangsaan kepada Peserta Diklat Pim 4 Angkatan I Tahun 2018

Yogyakarta – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (DPRD DIY), Bapak Arif Noor Hartanto, S.IP., memberikan ceramah kepada peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan I Tahun 2018 pada hari Rabu, 4 April 2018 bertempat di Kampus Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta (Badan Diklat DIY).

Bapak Arif Noor Hartanto memberikan ceramah tentang Pilar-Pilar Kebangsaan yang dalam penjelasannya, beliau menyampaikan tentang pandangan kebangsaan, sejarah kemerdekaan Negara Indonesia termasuk lahirnya Pancasila dan Undang-Undang Dasar Tahun 1945 (UUD 1945), Bhineka Tunggal Ika, hingga tantangan-tantangan yang dhadapi bangsa Indonesia pada zaman sekarang ini.

Terkait pandangan kebangsaan, Bapak Arif Noor Hartanto menjelaskan, cita-cita berbangsa dan bernegara yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 alinea 4 masih berlaku sampai sekarang ini dan tidak akan pernah usang selama Negara Indonesia masih tegak berdiri.

Bapak Arif Noor Hartanto melanjutkan dengan menjelaskan tentang sejarah kemerdekaan Negara Indonesia. Pandangan kebangsaan lahir ketika bangsa Indonesia berjuang membebaskan diri dari penjajahan yang dialami oleh bangsa Indonesia pada waktu itu oleh Portugis, Belanda, Inggris dan Jepang.

Perjuangan bangsa Indonesia pada waktu itu masih bersifat lokal dan belum memberikan dampak yang signifikan karena belum adanya persatuan dan kesatuan. Kemudian dalam perkembangan selanjutnya, munculah kesadaran bahwa perjuangan yang bersifat nasional, yakni perjuangan yang berlandaskan persatuan dan kesatuan memiliki kekuatan yang nyata.

Hal tersebut, ungkap Bapak Arif Noor Hartanto, kemudian ditandai dengan lahirnya Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908 yang menjadi tonggak awal sejarah perjuangan yang bersifat nasional dan muncul gerakan dari organisasi-organisasi yang memiliki tekad serupa hingga pada tanggal 17 Agustus 1945 terwujudlah kemerdekaan bangsa Indonesia.

Bapak Arif Noor Hartanto kemudian melanjutkan dengan menjelaskan sejarah Pancasila dan UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan tantangan-tantangan yang dihadapi Negara Indonesia pada zaman sekarang ini.

 

(Tim Peliput)

Telah dibaca 108 kali
Login to post comments

Terbaru

3962901
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Lalu
277
1424
30389
22437

IP Anda: 23.20.223.212